Mengetahui Sebab dan Dampak Tanah Longsor

Dampak tanah longsor lebih dirasakan bagi warga yang bermukim di daerah perbukitan, lereng gunung, daerah dataran tinggi, dan daerah pegunungan lainnya. Tanah longsor sendiri merupakan bencana alam yang sering terjadi karena keadaan alam yang sudah tidak seimbang.

Tanah longsor adalah peristiwa luruhnya material berupa bebatuan, tanah, bahan rombakan, dan campuran bahan material lainnya yang membentuk lereng. Dampak longsor sangat memberikan kerugian baik secara ekonomi, fisik, dan jiwa.

Kerugian tersebut membuat masyarakat yang tinggal di lereng atau ditempat yang rawan terjadi longsor harus siap-siap kehilangan tempat tinggal dan lain sebagainya. Terjadinya longsor karena ketidakmampuan alam untuk menampung kelebihan beban yang ada pada daerah tersebut.

Banyak penyebab yang mempengaruhi dan berperan dalam terjadinya longsor di antaranya adalah karena keadaan alam atau karena kurangnya tanggung jawab manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan sehingga menimbulkan bencana longsor dimana dampak longsor terbukti sangat merugikan.

Sebab-sebab Terjadi Tanah Longsor

Dampak longsor yang dirasakan tentu saja ada penyebab utama sehingga terjadinya bencana tanah longsor. Ada banyak alasan dan penyebab sehingga bencana tanah longsor bisa terjadi di antaranya adalah karena terjadinya intensitas hujan yang sangat berlebihan kemudian tanah yang berbahan material batu yang keras dan tidak mampu menampung kapasitas air hujan yang cukup banyak.

Apalagi pada lahan tersebut sangat kurang tanaman hijau seperti pohon-pohon yang berperan penting dalan penyerapan air sehingga tanah longsor tidak dapat terhindarkan.

Selanjutnya adalah disebabkan kondisi lahan yang terlalu terjal karena berada di daerah tebing atau lereng. Selain itu, keadaan tanah yang tidak pada atau tanah berjenis tanah lempung akan mempermudah terjadinya longsor apalagi pada saat intensitas hujan yang sangat tinggi.

Tanah longsor juga disebabkan karena adanya getaran oleh gempa bumi, ledakan, dan lain sebgainya. Selain itu, terjadinya pengikisan atau erosi tanah yang disebabkan adanya penggundulan hutan secara besar besaran yang membuat lahan menjadi lebih terjal dan kering sehingga akan mengurangi kepadatan tanah yang pada waktu tertentu jika terjadi getaran maka tanah akan jatuh dan longsor. Masih banyak lagi penyebab terjadinya tanah longsor yang harus disadari agar bisa ditanggulangi sejak dini.

Dampak yang Disebabkan Tanah Longsor

Dampak longsor sering sekali dilihat apalagi bagi masyarakat yang tinggal di daerah lereng. Bencana tanah longsor akan mengakibatkan rusaknya lahan pertanian, perkebunan, kehutanan, hingga peternakan yang ada dan dikembangkan di daerah lereng.

Selain itu, tanah longsor yang terjadi juga akan merusak sejumlah infrastruktur seperti pemukiman warga, jalan-jalan serta jembatan sekitar lokasi menjadi terputus, hingga rusaknya sarana prasarana sekolah, kesehatan, dan perkantorang yang ada di daerah tersebut.

Kerusakan ini akan menghambat segala macam kegiatan dan aktivitas yang ada di lokasi bencana tanah longsor. Selanjutnya, dampak tanah longsor adalah buruknya sanitasi lingkungan yang ada di daerah tersebut. Dan yang paling menyedihkan adalah, tanah longsor juga bisa memakan korban jiwa karena tidak sempat menyelamatkan diri dari bencana yang datang tiba-tiba.

Selanjutnya : Khasiat Ketimun
Sebelumnya: Bagaimana Cara Mengedit Foto yang Mudah?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...