Beberapa Danau Unik Indonesia yang Terkenal


Negara kita Indonesia selain terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya (SDA) yang banyak dan beranekaragam juga terkenal dengan alam wisatanya yang sangat menggoda dan mempesona. Salah satu tempat wisata yang sangat indah adalah adanya danau. Hampir semua danau yang ada di Indonesia sangat indah, meskipun berasal dari tempat yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa profil tentang danau unik Indonesia:

Danau Kawah Putih di Bandung

Danau ini berada di atas Gunung Patuha di daerah Bandung Selatan. Sesuai dengan namanya, maka di sekeliling danau ini tertutup dengan warna putih, dan danaunya pun mengeluarkan asap karena banyak mengandung belerang.

Danau Satonda di Nusa Tenggara Barat (NTB)

Danau yang tepatnya berada di Kabupaten Dompu ini memiliki keunikan dengan airnya yang asin seperti air laut. Hal tersebut diakibatkan karena tercampurnya air danau dengan luapan air laut pada waktu terjadinya letusan gunung Tambora.

Danau Sentarum di Kalimantan Barat

Keunikan dari danau ini adalah karena danau tersebut akan berubah sesuai musim. Apabila musim hujan, danau tersebut penuh dengan genangan air layaknya danau yang lain. Sedangkan ketika musim kemarau, danau tersebut menjadi surut dan kering sehingga akhirnya banyak tumbuh rumput layaknya di lapangan sepakbola. Danau ini berada di sekitar sungai Kapuas, tepatnya di cekungannya.

Danau Paniai di Papua

Keunikan dari danau yang berada di belahan timur Indonesia ini adalah adanya kehadiran udang. Para tamu dan wisatawan yang berkunjung ke danau ini dapat melihat udang yang sudah mulai langka. Disebut langka karena udang tersebut mempunyai capit yang besar seperti capitnya kepiting.

Danau Kelimutu di Pulau Flores Nusa Tenggara Barat (NTB)

Keunikan dari Danau Kelimutu ini adalah tempatnya yang berada di puncak gunung, bahkan ada tiga danau lagi di puncak gunung berapi tersebut. Keunikan lainnya adalah, bahwa danau ini mempunyai tiga warna yang dapat berubah seiring berjalannya waktu. Danau tersebut dapat berubah menjadi warna biru, merah, dan putih.

Danau Pagaralam di Bengkulu

Keunikan dari danau ini adalah seluruh permukaan air danau tersebut berwarna merah, seperti merahnya darah.

Itulah beberapa keunikan danau yang ada di Indonesia yang diuraikan secara singkat. Sebenarnya, masih banyak lagi danau lainnya yang belum terbahas dan terungkap.

Selanjutnya : Contoh Cerita Pendek Dalam Bahasa Inggris
Sebelumnya: Penjelasan Gerhana Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar