Lagu Dangdut Lawas Populer Ala Soneta

 

Ada banyak lagu dangdut lawas popular, namun sepertinya saat berbicara dangdut tentu teringat pada sebuah grup musik dangdut fenomenal yang dipimpin oleh Raja Dangdut Rhoma Irama, Soneta Grup. Soneta memang menjadi sebuah fenomena dalam musik dangdut, dan bisa jadi menjadi satu-satunya grup musil dangdut yang berhasil mendapatkan kesuksesan.

Soneta grup mengawali debutnya pada tahun 1973 dengan mengeluarkan album pertama yang berjudul Begadang. Pada saat itu, Elvy Sukaesih masih menjadi salah satu anggota dari Soneta dan bernyanyi bersama dengan Rhoma Irama. Album debut ini ternyata mampu menarik perhatian dari masyarakat luas. Album yang terdiri dari 10 lagu, seperti Begadang, Tung Keripit, Sampai Pagi, Cinta Pertama, Tak Tega, Sedingin Salju dan lainnya ini menjadi awal kesuksesan Soneta dalam dunia musik dangdut.

Beberapa lagu dalam album pertama itu masih sering kita dengar hingga kini. Berselang 1 tahun kemudian, Soneta kembali mengeluarkan album berikutnya. Pada album volume 2 ini diberi judul album Penasaran. Terdiri dari 10 lagu baru yang masih dinyanyikan bersama-sama dengan Elvy Sukaesih di bawah Label Yukawi. Lagu-lagu di album ini diantaranya Penasaran, Kejam, Kelana, Asam Garam, Engkau, Kubawa, Rujuk, Gembala dan lainnnya.

Album ketiga Soneta yang diberi Judul Rupiah dikeluarkan tahun 1975, ternyata menimbulkan konflik antara dua label  terkait hak cipta dari lagu-lagu yang dinyanyikan Soneta di dalam albumnya. Album ini juga menjadi album terakhir antara Soneta dengan Elvy Sukaesih, karena setelah itu Elvy akhirnya memutuskan untuk bersolo karir.

Setelah Elvy hengkang dari Soneta posisinya digantikan oleh Rita Sugiarto sebagai teman duet Rhoma Irama. Bersama Rita Sugiarto, Soneta tetap berkibar dan sukses merampungkan 16 album selama karirnya.  Berikut ini lirik lagu lawas yang paling terkenal selama karir Soneta, yang berjudul Begadang diambil dari album Volume pertamanya yang drilis tahun 1973 yang masih sering dinyanyikan hingga sekarang.

Semoga informasi mengenai lagu dangdut lawas popular ala Soneta ini, bisa sedikit mengajak anda kembali bernostalgia mengingat kejayaan musik dangdut Indonesia bersama dengan kemunculan Soneta di blantika musik dangdut tanah air. Besar harapan kita, agar kelak akan muncul Soneta baru yang mampu mengangkat kembali kejayaan musik dangdut.

Selanjutnya : Kartun Cerita Lucky Luck
Sebelumnya: Tip Membuat Pisang Goreng Enak dan Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...