Memahami Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah

Dasar-dasar menulis karya ilmiah haruslah dipahami bagi Anda  yang ingin menulis karya ilmiah. Sesuai dengan namanya, karya ilmiah adalah karya tulis yang didasarkan pada hal-hal yang bersifat ilmiah yang sudah mendapatkan pembuktian baik dari penelitian maupun pembuktian  lainnya sehingga mempengaruhi keakuratan dan keabsahan atas apa yang ditulis. Karena sifatnya yang ilmiah inilah, maka dasar-dasar dalam penulisannya haruslah benar-benar diperhatikan dengan baik.

Berikut ini  adalah dasar-dasar penulisan yang bisa membantu Anda membuat karya ilmiah dengan lebih baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan yang ada.

1.    Tentukan topik permasalahan yang akan dibahas dalam karya ilmiah

Ini merupakan tahapan pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan karya ilmiah. Carilah inspirasi mengenai topik masalah yang sedang hangat untuk dibahas. Inspirasi bisa didapatkan, salah satunya dari proses pengamatan lingkungan dan media.

2.   Tentukan judul karya Anda dan buatkan kerangkanya

Judul haruslah dibuat menarik atraktif dan menggambarkan secara jelas apa substansi yang nantinya akan dibahas dalam karya ilmiah yang akan Anda buat. Sedangka kerangka tulisan akan membantu Anda untuk memudahkan dalam proses penulisan karya ilmiah.

3.  Melakukan pengumpulan data

Data bisa didapatkan dari berbagai sumber, bisa melalui sumber tertulis seperti buku, majalah, jurnal ilmiah, surat kabar, arsip dan lainnya, atau juga bisa didapatkan dair hasil wawancara dengan narasumber asli atau melakukan observasi langsung kepada hal yang dijadikan sebagai objek penelitian.

4.    Konsep data

Setelah semua data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengonsepan data yang ada.

5.    Revisi

Jika pengonsepan sudah selesai dilakukan, jangan lupa untuk selalu melakukan revisi dan mengecek kembali karya tulis yang sudah dibuat agar meminimalisasi kesalahan.

6.    Pengetikan

Setelah semuanya dianggap sudah cukup baik, tahapan terakhir adalah pengetikan naskah karya ilmiah. Perhatikan aturan pengetikan dalam karya ilmiah, karena nantinya hal ini juga akan mempengaruhi penilaian.

Prinsip dasar dalam pembuatan karya ilmiah yang sebaiknya diperhatikan adalah karya ilmiah haruslah dibuat secara logis berdasarkan data yang valid dan akurat dan bisa dipertanggungjawabkan, sistematis dalam penulisannya dan mengikuti kaidah penulisan yang ada, serta lugas dan tida bertele-tele dalam menyampaikan data.

Dengan mengetahui dasar-dasar menulis karya ilmiah ini, semoga Anda bisa membuat karya ilmiah secara benar dan lebih baik.

Loading...
Selanjutnya : Ruang Lingkup Dasar-dasar Sistem Pendidikan Islam
Sebelumnya: Cara Membuat Contoh Script Skenario Film yang Bagus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar