Dasar Hukum KTSP


Dasar Hukum KTSP

KTSP atau juga disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum yang digunakan di Indonesia sekarang ini. Meskipun kurikulum tersebut sekarang sedang diperbaiki dan diganti dengan kurikulum 2013.

Setiap kurikulum mempunyai dasar, seperti dasar hukum KTSP. KTSP ini sengaja dibuat dan disusun dalam rangka memenuhi amanat yang sebelumnya telah tertuang di dalam Undang-Undang Republik Indonesia, yakni Undang-Undang nomer 20 tahun 2003 yakni tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Indonesia nomer 19 tahun 2005 yakni tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kurikulum  sendiri disusun bukan tanpa alasan namun juga mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomer 22 tahun 2006 yakni tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Penengah.

Polemik Kurikulum

Kurikulum selalu menjadi polemik. Terlebih polemik pada pergantian kurikulum. Kurikulum yang setiap berapa tahun sekali berubah sebenarnya merupakan suatu keharusan.

Karena jika ingin pendidikan di Indonesia maju, dasar yang digunakan harus tepat dan sesuai dengan yang diharapkan oleh bangsa Indonesia.

Namun terkadang, kurikulum seringkali disebut sebut alat dari pemerintah untuk menghabiskan anggaran dana. Pendapat semacam itu harus dicegah agar tidak menimbulkan prasangka di tengah-tengah masyarakat.

Apalagi sekarang ini telah dipersiapan kurikulum baru yang digunakan mulai tahun ajaran baru 2013 ini. Kurikulum tersebut juga banyak mendapat proses dari masyarakat karena pemerintah dinilai terlalu sering berganti kurikulum, apalagi ada istilah ganti menteri ganti kurikulum atau ganti kurikulum ganti buku paket.

Meskipun demikian, kita tidak boleh menghalangi terjadinya perubahan karena perubahan tersebut sangat perlu dilakukan oleh pemerintah dan oleh masyarakat.

Jika ingin mengetahui tentang dasar hukum KTSP dapat mencari di dalam buku. Buku selalu menyediakan banyak informasi yang dibutuhkan, termasuk untuk mencari dasar dasar kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Selain itu, di internet, kita akan menemukan banyak hal. Hal tersebut sangat berguna jika kita ingin mencari informasi. Pendek kata apa pun kurikulum yang digunakan, kita harus mendukung dan mengkritisi. Selain itu juga tetap mencari dasar dari kurikulum tersebut.

Selanjutnya : Deskripsi Keindahan Pantai Pasir Putih dan Nuansa Biru Laut
Sebelumnya: Aneka Jenis Tanaman untuk Pakan Ikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar