Prinsip Utama dan Dasar Negara Anggota ASEAN

Dasar Negara Anggota ASEAN menjadi sebuah prinsip yang harus dipegang teguh oleh seluruh negara yang berhimpun dalam wadah ASEAN yang merupakan singkatan dari Association of Southeast  Asian Nations. Atau secara sederhana, ASEAN merupakan perkumpulan negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang terbentang dari Myanmar di Utara hingga Indonesia di Selatan.

ASEAN didirikan pada tanggal 08 Agustus 1967 bertepatan dengan deklarasi Bangkok oleh 5 negara pendiri yakni Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Sejak itu, satu persatu negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara pun mulai bergabung. Diawali dengan gabungnya Brunei Darussalam  pada tahun 1984, kemudian disusul oleh Vietnam pada tahun 1995, 2 tahun kemudian Laos dan Myanmar ikut bergabung bersama, dan terakhir tahun 1998 Kamboja ikut menjadi anggota ASEAN.

ASEAN menjadi salah satu perkumpulan yang memberikan banyak pengaruh dan dampak positif bagi setiap anggota yang tergabung di dalamnya. Sesuai dengan moto ASEAN yakni “ One Vision, One Identity, One Community”, tentu diharapkan semua negara anggota yang tergabung mempunyai visi yang sama dalam membangun hubungan dan kerja sama yang baik yang saling mendukung dan menguntungkan.

Oleh karena itulah,terdapat beberapa prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh setiap anggotanya demi terjalinnya kerjasama yang baik dan rukun.

Prinsip Utama

1.  Setiap negara anggota haruslah menghormati kemerdekaan dan kebebasan negara lainnya yang tergabung dalam ASEAN

2.   Setiap negara anggota juga tidak diperbolehkan untuk turut campur terhadap urusan dalam negeri negara anggota lainnya.

3.   Jika ada konflik atau permasalahan antara negara anggota ASEAN, maka hendaknya permasalahan tersebut diselesaikan dengan cara yang damai, jauh dari tindakan kekerasan

Prinsip Dasar

1.  Setiap negara anggota harusah berperan aktif dalam menjaga perdamaian antara negara anggota yang satu dengan lainnya.

2.  Larangan penggunaan kekerasan dalam bentuk apapun untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antar negara anggota

3.  Menjunjung tinggi sikap saling menghormati dan menghargai terhadap segala macam jenis kebudayaan, kepercayaan ataupun bahasa dari setiap negara anggota

4.  Setiap negara anggota wajib menjunjung tinggi penerapan hak asasi manusia dan kebebasan sehingga terjamin adanya keamanan dan keadilan.

Dengan mengimplementasikan semua prinsip dasar negara anggota ASEAN ini diharapkan akan adanya peningkatan kerja sama dan saling menghargai yang lebih baik demi terciptanya kerukunan dan kedamaian.

Loading...
Selanjutnya : Puisi Tentang Menghadapi Ulangan
Sebelumnya: Asyiknya Belajar Ilmu Membaca Garis Tangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar