Dasar Pembentukan Kelompok Sosial

Sebutkan faktor-faktor yang menjadi dasar pembentukan kelompok sosial? Kalimat yang boleh dikategorikan sebagai pertanyaan tersebut, adalah pertanyaan dasar untuk bisa memahami study masyarakat dan manusia atau sosiologi dan antropologi.

Dua cabang ilmu sosial tersebut, memang mempelajari manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki hakikat untuk hidup bermasyarakat. Bahasan berikut adalah uraian yang didasari atas pertanyaan sebutkan faktor-faktor yang menjadi dasar pembentukan kelompok sosial?

Loading...

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

1. Homo Gregariousness

Manusia selalu memiliki sifat dasar atau naluri untuk selalu hidup dengan orang lain atau homo gregariousness, karena itu juga manusia disebut sebagai social animal atau hewan yang memiliki naluri untuk senantiasa hidup bersama. Namun istilah ini terasa sangat kasar, karenanya manusia lebih banyak memilih dan memakai istilah homo socious.

Dalam mempelajari hubungan manusia dalam kelompok, sosiologi  menganggap bahwa reaksi sebagai hal penting dan dianggap sebagai sebab dari tindakan seseorang. Dalam memberikan reaksi, manusia cenderung memberikan keserasian dengan tindakan orang lain. Alasan yang mendasarinya adalah, manusia mempunyai dua hasrat atau keinginan pokok semenjak dilahirkan.

  • Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya
  • Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana di sekelilingnya

Dalam proses penyesuaian terhadap lingkungan di sekelilingnya itu, manusia menggunakan pikiran, perasaan dan kehendaknya. Proses penyesuaian itu lah yang kemudian menimbulkan kelompok sosial (social group).

Secara definitif, kelompok sosial bisa diartikan sebagai himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama yang dilandasi oleh kesadaran untuk tolong-menolong. Kendati demikian, tak semua kelompok yang ada kemudian dikategorikan sebagai kelompok sosial karena kelompok sosial memiliki beberapa syarat utama. Berikut adalah persyaratan yang diperlukan agar setiap himpunan manusia bisa dikatakan sebagai kelompok sosial.

2. Kesadaran kelompok

Kelompok sosial harus memiliki kesadaran yang dimiliki bersama. Sekurang-kurangnya, setiap anggota kelompok harus memiliki kesadaran bahwa dia merupakan bagian dari kelompoknya.

3. Hubungan Timbal Balik

Setiap anggota dalam kelompok harus melakukan hubungan timbale-balik antara satu dengan lainnya.

4. Ada Faktor yang Dimiliki Bersama

Misalnya saja faktor kesamaan nasib, ideologi yang sama bahkan musuh bersama. Faktor tersebut adalah faktor yang mampu mengikat setiap anggota kelompoknya.

5. Bersistem dan Berproses

Syarat ini adalah syarat terpenting yang jarang sekali diperhatikan dalam studi kelompok. Artinya, kelompok sosial harus memiliki sistem yang jelas untuk mengatur tindakkan kelompoknya agar kelompok tersebut bisa terus bertahan dan berkembang.

6. Berstruktur, Berkaidah dan Mempunyai Pola Perilaku

Kelompok sosial harus memiliki struktur dan aturan yang tegas untuk mengatur pola perilaku anggotanya sehingga dapat dibedakan dengan kelompok lainnya.

Jadi, jika ada kalimat perintah berbunyi “sebutkan faktor-faktor yang menjadi dasar pembentukan kelompok sosial!” Anda bisa menjawabnya dengan lugas setelah membaca artikel ini.

Loading...
Selanjutnya : Arti Budha Gautama
Sebelumnya: Contoh Laporan Rugi Laba Pajak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar