Daur Ulang yang Menghasilkan Uang

Kegiatan mengais sampah terkadang bagi sebagian besar orang  merupakan hal yang menjijikkan. Namun siapa yang pernah menyangka bahwa kegiatan ini mampu menghasilkan uang yang berlimpah. Salah satunya adalah kegiatan daur ulang yang menghasilkan uang.

Sampah Jadi Uang

Kita tentu sudah mengenal sampah. Hampir setiap hari kita bergelut dengan sampah karena apa yang kita gunakan dan konsumsi sehari-hari tidak pernah luput dari sampah. Misalnya bungkus dari makanan ringan yang kita makan dan plastik yang digunakan untuk membawa barang belanjaan.

Semua itu merupakan sumber sampah. Oleh karena itu. Tidak mengherankan jika jumlah sampah yang ada tiap harinya sangatlah banyak. Oleh karena setiap individu memiliki peran yang cukup besar sebagai penghasil sampah.

Sampah merupakan benda yanh kita buang karena sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Dengan kata lain, benda tersebut sudah dianggap tidak berguna lagi dan tidak dimanfaatkan lahi oleh orang yang membuangnya.
Namun di mata orang yang jeli, sampah yang dianggap sebagai benda atau barang yang tidak berguna mampu menghasilkan sesuatu yang berguna.

Salah satunya adalah mampu menghasilkan uang yang tidak sedkit.
Bisa kita katakan bahwa sampah telah menjadi uang. Dari barang yang tidak berguna telah berubah menjadi barang yang berharga. Inilah kejelian dari seseorang yang mampu melihat sebuah peluang. Oleh karena itu,telitilah dalam nmelihat peluang.

Daur Ulang

Proses daur ulang merupakan proses pengolahan barang yang tidak berguna menjadi barang berguna. Dalam hal ini adalah mengelola  sampah sehingga menjadi barang bisa dimanfaatkan lagi.

Proses daur ulang sampah untuk menghasilkan uang bisa dilakukan dengan dua jalan. Kedua jalan tersebut adalah sebagai berikut.

1.  Menjadi kerajinan

Untuk mengolah sampah menjadi kerajinan diperlukan kreatif yang cukup tinggi. Tidak hanya itu sja tetapi juga diperlukan ketekunan sehingga dihasilkan barang kerajinan dengan nilai jual yang cukup tinggi.

2.  Bahan mentah

Tidak semua bahan sampah akan berakhir di bak sampah. Ada beberapa sampah yang masih bisa dijadikan sebagai bahan mentah untuk diolah lagi oleh industri sehingga menjadi barang jadi.

Beberapa barang sampah yang masih bisa diolah lagi menjadi bahan mentah adalah plastik dan bitol plastok yanh bisa dijadikan sebagai biji plastik.  Barang yang lainnya adalah logam seprti tembaga,timah,dan besi yang ada di sampah rongsokan.

Demikianlah sedikit informasi tentang proses daur ulang yang menghasilkan uang. Sekarang tinggal kita yang memilih untuk menggunakan cara yang mana dalam mengelolah sampah sehingga mampu menghasilkan uang.

Selanjutnya : Apa Saja Penyebab Banjir dan Pencegahannya
Sebelumnya: Dampak-dampak dari Pergaulan Bebas Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...