Mengetahui Definisi Angin Bahorok


Definisi angin bahorok adalah sejenis angin yang bertiup di dataran rendah di daerah Bahorok – Deli, Provinsi Sumatera Utara. Angin bahorok termasuk dalam kategori angin jatuh atau angin fohn. Seperti yang kita ketahui, jenis angin ada enam yaitu angin pasat, angin antipasat, angin muson, angin darat dan angin laut, angin gunung dan angin lembah, serta angin jatuh.

Angin merupakan gerakan udara dari daerah yang memiliki tekanan tinggi ke daerah yang memiliki tekanan rendah. Untuk mengukur angin diperlukan alat ukur bernama anemometer.

Jenis Angin

Angin jatuh atau angin terjun di Indonesia biasanya terjadi ketika musim kemarau. Angin turun yang bersifat panas dan kering ini jatuh  ke tempat rendah disebut angin jatuh atau angin terjun. Biasanya, angin jatuh bisa merusak tanaman perkebunan seperti yang terjadi di Deli. Definisi angin bahorok seperti yang sudah disebutkan di atas dapat merusak perkebunan. Oleh karena itu, para petani teh di Deli sering merugi akibat angin ini bersifat panas dan kering.

Angin jatuh disebut juga angin fohn, yaitu angin jatuh atau turun yang kering dan sangat panas. Jenis angin lainnya adalah angin laut dan angin darat. Angin laut bertiup dari laut menuju ke darat dan terjadi saat siang hari. sementara angin darat bertiup dari darat menuju laut dan terjadi ketika malam hari.

Angin gunung dan angin lembah merupakan angin yang bergerak dari gunung menuju lembah atau angin yang bergerak dari lembah menuju gunung. Angin pasat merupakan angin yang bertiup sepanjang masa dari daerah subtropik ke daerah khatulistiwa. Angin antipasat kebalikannya yaitu angin yang bertiup dari atas khatulistiwa ke daerah kutub dan turun di daerah subtropik. Jenis angin lainnya adalah angin muson yaitu angin yang berganti arah secara berlawanan setiap enam bulan sekali (setengah tahun).

Beda Daerah Beda Nama  

Angin jatuh banyak terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Beda daerah beda nama yang diberikan. Misalnya, di Pasuruan, Jawa Timur, angin jatuh dikenal dengan nama angin gending, di Biak, Papua dikenal dengan nama angin wambrau, di Makasar, Sulawesi Selatan sebutannya angin Brubu, di Tegal, Jawa Tengah dan di Cirebon, Jawa Barat dikenal dengan nama angin kumbang, di Sangir Talaud, Sulawesi Utara disebut dengan angin puyuh, dan di Deli, Sumatera Utara dikenal dengan sebutan angin bahorok.

Angin panas dan kering dan biasa merusak tanaman perkebunan sangat merugikan. Definisi angin bahorok seperti yang sudah disebutkan di atas termasuk angin fohn atau angin jatuh. Angin bisa bermanfaat, tetapi juga bisa membahayakan kehidupan seperti angin bahorok.

Selanjutnya : Sakit Perut Bawah Sebelah Kanan
Sebelumnya: Kerangka Pidato Tentang Global Warming
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar