Memahami Definisi ASFR sebagai Cara Pengukuran Angka Kelahiran


Definisi ASFR harus dipahami dengan baik, karena ini merupakan penghitungan vital untuk mendapatkan angka nyata mengenai tingkat kelahiran di masyarakat. ASFR adalah singkatan dari Age Specific Fertility Rate merupakan penghitungan tingkat kelahiran berdasarkan pengelompokan umur tertentu pada wanita per 1000 wanita. Atau secara sederhana bisa dipahami, ASFR ini digunakan untuk mengetahui seberapa banyak wanita yang melahirkan dalam rentang usia tertentu.

Mengetahui angka kelahiran di suatu negara menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui. Karena dengan itu, pemerintah bisa mengetahui bagaimana tingkat pertumbuhan dan pertambahan penduduknya yang nantinya tentu akan berpengaruh pada setiap kebijakan yang dibuatnya. Hingga saat ini , Indonesia masih memiliki angka kelahiran yang cukup tinggi. Itulah sebabnya pemerintah berupaya dalam beberapa langkah termasuk dengan menggiatkan kembali program Keluarga Berencana untuk membatasi dan menekan laju pertambahan penduduk.

ASFR menjadi salah satu indikator penting yang dilakukan oleh badan statistik untuk mendapatkan angka yang akurat mengenai tingkat kelahiran di masyarakat. Rumus penghitungan ASFR sebagai berikut :

Secara umum, terdapat 3 kegunaan mendasar dari penghitungan ASFR yakni sebagai berikut :

  • ASFR digunakan sebagai data penting untuk mengetahui jumlah penduduk dan pola pertambahan penduduk
  • ASFR juga digunakan sebagai data untuk mengetahui jumlah penduduk yang ada sekarang dan di masa mendatang berdasarkan kelompok usia dan jenis kelaminya
  • ASFR juga sebagai data penting untuk menunjang keberhasilan program keluarga berencana dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi kesehatan ibu dan anak.

Selain menggunakan ASFR sebagai indikator kelahiran, terdapat juga cara lainnya untuk menghitung angka kelahiran, diantaranya :

  1. Crude Birth Rate (CBR), ini merupakan cara untuk menghitung angka kelahiran per 1000 wanita secara kasar
  2. General Fertility Rate (GFR), cara ini digunakan untuk mengetahui tingkat kelahiran per 1000 wanita dalam rentang usia yang produktif selama satu tahun.
  3. Total Fertility Rate (TFR) , yaitu cara perhitungan dengan menghitung jumlah anak rata-rata yang dilahirkan oleh seorang wanita selama hidupnya sejak masa awal hingga berakhirnya masa reproduksi

Semoga dengan memahami definisi ASFR ini bisa memberikan informasi bagi anda bagaimana cara perhitungan statistik untuk mendapatkan angka kelahiran di masyarakat.

Selanjutnya : Kekurangan dan Kelebihan Mobil Proton
Sebelumnya: Khasiat Garam dan Madu Untuk Pencegahan Sakit Tenggorokan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar