Definisi Diare


Definisi diare pada intinya yaitu buang air secara berlebihan dan terus menerus. Atau, apabila menemui gejala dalam sehari sudah lebih dari 3 kali buang air besar yang bentuknya cair, maka harus segera ditindaklanjuti lebih jauh lagi.

Diare

Dewasa ini, penyakit diare merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. Bisa juga karena makanan yang tidak sehat dan sudah terkontaminaasi. Untuk itu, diperlukan menjaga kesehatan tubuh dengan memilih asupan makanan yang memang benar-benar terjaga kualitasnya.

Gejala pada diare yang kerap ditemui, yaitu buang-buang air secara terus menerus dengan tinja cair, tubuh terasa lemas, letih dan lesu, kepala pusing, muntah-muntah, tubuh panas, perut terasa nyeri, mulut kering, dan tidak nafsu makan. Dengan begitu, kondisi tubuh memerlukan istirahat total.

Pertolongan utama saat diare, yaitu dengan perbanyak minum air putih, atau berikan teh hangat agar tubuh tidak lemas dan agar tak dehidrasi. Kemudian, minum larutan oralit. Dilanjutkan istirahat yang cukup, berikanlah makanan yang bergizi, apabila masih diare segeralah membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secara medis.

Karena, diare bisa menjadi penyakit yang serius dan berbahaya jika membiarkannya berlarut-larut. Diare juga memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak, anak menjadi lemah dan tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Nah, agar anak tak terkena diare, maka haruslah menjaga kebersihan rumah dan diri. Biasakan selalu mencuci tangan sebelum makan, mencuci peralatan makan dengan bersih, selalu  konsumsi asupan gizi yang seimbang, jangan jajan sembarangan.

Disamping itu lebih baik anak dibawakan bekal makanan karena lebih terjamin kualitas dan kebersihannya. Selain itu, juga berilah vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya, serta ajaklah anak berolahraga secara rutin dan teratur.

Ternyata, tidak susah bukan menghindari diare? Untuk itu, harus lebih mendalam mengetahui definisi diare, agar bisa sejak awal menghindarinya.

Jangan pernah sepelakan diare, terutama pada anak-anak karena akan menyebabkan timbul berbagai penyakit yang parah. Yuk, kita mulai menjadi orang tua yang tanggap agar anak menjadi sehat selalu.

Selanjutnya : Pengertian Wartawan Menurut Ahli Jurnalistik
Sebelumnya: Cara Membuat Mainan Anak-anak dari Barang Bekas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar