Definisi Epistemologi Menurut Para Ahli

Definisi epistemologi menurut para ahli dari berbagai buku dan literatur yang membahasnya akan dijabarkan secara singkat di artikel ini. Epistemologi berasal dari bahasa Yunani, yakni gabungan kata antara episteme yang berarti pengetahuan, dan logos yang berarti ilmu atau pembicaraan. Tema ini seringkali menjadi perdebatan yang sengit di dalam keilmuan filsafat. Seperti halnya mendiskusikan makna hakiki dari pengetahuan, karakteristiknya, jenis-jenisnya, dan keterkaitannya dengan sebuah kebenaran dan keyakinan.

Pengertian Epistemologi Secara Ilmiah

Loading...

Epistemologi ataupun teori pengetahuan adalah cabang filsafat yang meneliti asal mula, metode, susunan-susunan, dan sahnya sebuah pengetahuan. Pengertian epistelogi tadi diungkapkan oleh Louis Kattsoff dalam buku Unsur-Unsur Filsafat. Sedangkan AM. W Pranarka dalam buku Epistemologi dasar mengatakan secara etimolgikal, arti epistemologi adalah gabungan kata dari Episteme dan Logos, yang mempunyai arti menunjukkan tentang sebuah kajian sistematik tentang pengetahuan.

Epistemologi berhubungan dengan hakikat dari sebuah ilmu pengetahuan, dasar-dasarnya, pengandai-pengandaian, dan pertanggungjawaban untuk pernyataan tentang pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing manusia. Pengetahuan ini didapatkan manusia melewati akal dan panca indera dengan beragam metode. Yakni metode deduktif, metode induktif, metode positivisme, metode dialektis dan metode kontemplatis.

Manfaat Mempelajari Epistemologi

Epistemologi memang tidak diajarkan di bangku kuliah para sarjana, namun disuguhkan pada level magister dan doktor. Namun setidaknya kita dapat mengetahui kegunaan dari belajar ilmu epistemologi. Ada tiga alasan dalam mempelajari epistemologi menurut Sudaminta yakni:

1. Kajian epistemologi dibutuhkan sebab pengetahuan itu sangat strategis dalam membangun kehidupan manusia.

2. Dengan epistemologi maka seseorangmampu untuk mengetahui pengetahuan ang berangkat dari unsur-unsur dan sistem kebudayaan yang sangat urgen,

3. Dalam wacana pendidikan, espitemologi dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pandangan hidup, ketrampilan hidup, serta bersikap dalam kehidupan ini. Dan semua kegunaan tersebut terpancar dari penguasaan terhadap pengetahuan.

Pengetahuan manusia sendiri dibangun dari beberapa jalan yakni pengalaman, ingatan, kesaksian, minat dan rasa ingin tahu, penalaran atau pikiran, bahasa, logika, dan keperluan hidup. Dari beberapa dasar pengetahuan tersebut maka seyogyanya kita sebagai bagian bangsa Indonesia mulai mengembangkan pandangan hidup yang lebih luas.

Para pelajar harus senantiasa dibekali pengalaman belajar yang menyenangkan dan membangun minat belajar mereka terhadap pengetahuan. Para guru sejak dini diupayakan terus meningkatkan rasa ingin tahu pada peserta didik, jangan sampai mereka jera belajar sejak kecil.

Demikianlah ulasan memahami definisi epistemologi menurut para ahli, dan selamat belajar secara produktif!

Loading...
Selanjutnya : Kitab Sansekerta - Para Penulis Buku Tentang Agama Budha
Sebelumnya: Apa Saja Yang Dipelajari Dalam Ilmu Tajwid?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar