Definisi Hernia Serofalis

Definisi hernia serofalis – penyakit hernia merupakan penyakit yang banyak terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Ditandai dengan adanya suatu benjolan atau tonjolan dari isi perut dari dalam rongga yang normal melalui sebuha lubang kongenital  maupun didapat. penyakit ini bisa terjadi karena lubang dari embrional yang tidak bisa menutup ataupun melebar atau terjadi akibat dari tekanan rongga perut karena meninggi.

Klasifikasi Hernia

Loading...

Ada banyak penyakit hernia didasarkan pada klasifikasinya. Ada yang didasarkan pada tofografinya yakni hernia umbilikalis, hernia inguinalis, hernia femoralis. Ada pula yang didasarkan pada isinya yakni hernia omentum dan hernia usus halus.

Selain itu ada yang menurut tidak atau terlibatnya seperti pada hernia eksterna yakni hernia serofalis dan hernia ingunalis. Sehingga definisi hernia serofalis hampir sama dengan hernia ingunalis karena memiliki klasifikasi yang sama.

Selain itu ada pula yang didasarkan pada causanya yakni pada herni traumatika, hernia congenital, hernia visional. Berdasarkan pada keadaaannya ialah hernia irreponibilis, hernia responbilis, hernia inkarserata dan juga hernia strangulata.

Sementara itu, menurut penemunya ialah hernia petit pada daerah lumbosacral, hernia spigelli yang terjadi pada daerah daerah lenea semi sirkularis, hernia richter yakni hernia yang sebagian dari ususnya mengalami penjepitan. Selain itu ada hernia lainnya seperti hernia littre, hernia skrotalis dan hernia pantrolan.

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala yang ditimbulkan ialah turunnya burut, berok atau kelingsir. Bisa juga dengan dinyatakannya dengan ada sebuah benjolan pada selangkangan atau kemaluannya yang kadangkala mengecil ataupun menghilang.

Sewaktu menangis, mengejan pada saat buang air besar maupun digunakan untuk mengangkat benda yang bebannya berat maka gejalanya akan timbul lagi. Bisa juga dengan adanya rasa nyeri pada benjolan tersebut ataupun muntah-muntah serta mual. Hal ini biasanya sudah masuk dalam gejala komplikasi.

Untuk mengobatinya sebaiknya segera dibawa ke dokter  atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Tahap awal dari penanganan penyakit ini ialah dengan dilakukannya pengkajian. Misalnya saja pada data awal dilihat bagaimana gejala dari aktivitas yang dilakukan.

Gejala awalnya ada yang karena pekerjaannya memang mengangkat beban berat, ada pula yang pekerjaannya menjadi sopir sehingga diharuskan untuk mengemudi pada waktu yang lama. Selain itu gejala awalnya bisa berupa konstipasi atau kesulitan dalam buang air besar lalu merasakan sakit pada saat buang air besar serta adanya retensi pada urin. Sehingga dari data awal tersebut nantinya akan diidentifikasi lalu dilakukan tindakan lebih lanjut.

Itulah beberapa hal mengenai definisi hernia serofalis. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semuanya dalam menghadapi dan menghindari gejala penyakit yang lebih parah lagi.

Loading...
Selanjutnya : Dampak Macam Psikotropika - Dampak Buruk Penyalahgunaan Zat Psikotropika
Sebelumnya: Dampak Globalisasi di Indonesia di Bidang Ekonomi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar