Definisi Implementasi


Definisi Implementasi secara garis besar dapat diartikan sebagai penerapan atau pelaksanaan. Yaitu segala bentuk kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan suatu aturan atau ketetapan (kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya) untuk mencapai suatu tujuan dari aturan atau ketetapan tersebut. Untuk lebih memahami tentang implementasi, kita dapat melihat contoh-contoh penerapan kata implementasi dalam beberapa hal di kehidupan

Dalam Kehidupan Bernegara

Dalam kehidupan bernegara tentunya banyak sekali aturan-aturan yang perlu untuk dipatuhi dan dilaksanakan. Aturan-aturan itu antara lain Undang-Undang Dasar, Undang-Undang Daerah, berbagai keputusan baik yang di buat  oleh presiden, pejabat daerah ataupun instansi-instansi dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam kaitannya dengan definisi implementasi dapat kita simpulkan bahwa setiap aturan yang dibuat dalam kehidupan bernegara haruslah diimplementasikan secara nyata. Dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan negara. Sehingga apa yang telah menjadi tujuan akhir dari aturan-aturan tersebut dapat tercapai.
Sebagai contoh pasal 34 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi “fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara”. Berdasar pasal tersebut negara kemudian membentuk departemen sosial dan lembaga-lembaga lain yang berhubungan dengan kesejahteraan rakyatnya sebagai bentuk implementasi dari pasal 34 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 tersebut. Melalui departemen dan lembaga-lembaga itulah negara melakukan kegiatan-kegiatan atau upaya-upaya guna tercapainya tujuan dari pasal itu, yaitu untuk memelihara fakir miskin dan anak-anak terlantar. Terlepas dari telah tercapainya tujuan atau belum, namun apa yang telah dilakukan tersebut merupakan contoh dari implementasi sebuah ketetapan negara yang berbentuk Undang-Undang.

Dalam Kehidupan Sehari-hari

Di dalam kehidupan kita sehari-hari ada banyak sekali contoh yang dapat kita ambil guna lebih memahami arti dari kata implementasi. Sebagai contoh, mungkin kita pernah bertemu dengan orang yang berperilaku baik. Dan di lain waktu mungkin kita juga pernah bertemu dengan orang yang mempunyai perilaku buruk. Kalau kita amati kenapa ada orang yang berperilaku baik dan ada juga yang berperilaku buruk. Jawabannya sederhana yaitu mereka mengimplementasikan nilai-nilai yang berbeda dalam kehidupan mereka. Orang yang berperilaku baik menerapkan norma-norma atau aturan-aturan yang baik dalam diri mereka. Mereka melakukan upaya-upaya untuk menjalankan norma-norma kebaikan tersebut. Sehingga tujuan dari norma-norma kebaikan itu nampak dari sikap dan perbuatan mereka. Sedangkan orang yang berperilaku buruk tidak mengimplementasikannya. Atau bahkan mengimplementasikan nilai atau norma yang berbeda.

Semoga uraian singkat dan contoh di atas dapat membawa kita untuk lebih memahami tentang definisi implementasi.

Selanjutnya : Cara Penulisan Catatan Kaki Buku
Sebelumnya: Definisi DBD dan Manifestasi Klinisnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar