Definisi Keterampilan Kerja

Definisi keterampilan kerja bermacam-macam. Ada yang mendefinisikan keterampilan kerja sebagai kemampuan menguasai bidang tertentu secara mendasar dan spesifik yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mencari pekerjaan. Namun ada juga yang mendefinisikan keterampilan kerja adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan.

Secara umum definisi keterampilan kerja adalah kemampuan dalam bidang tertentu yang harus dimiliki seseorang yang dapat digunakan sebagai modal dalam mencari pekerjaan. Semua orang tentu mempunyai keterampilan kerja yang berbeda. Ada yang terampil dalam bidang IT, terampil dalam hal matematis, atau terampil dalam hal teknis.

Keterampilan kerja itu dapat dilatih dan dipelajari. Seseorang yang tidak terampil dibidang tertentu namun dia dapat belajar dari pengalaman, karena pada dasarnya keterampilan kerja adalah sebuah kemampuan psikomotor sehingga berlaku prinsip practice makes perfect. Berikut adalah contoh-contoh keterampilan kerja yang dimiliki oleh seorang pelamar pekerjaan.

1. Keterampilan Bahasa

Kemampuan menguasai bahasa asing tentu menjadi nilai lebih bagi seseorang ketika melamar pekerjaan. Selain bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang wajib dikuasai, jika menguasai bahasa asing seperti Jepang, Mandarin, Perancis, atau Jerman, tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri dari HRD untuk menerima seorang karyawan.

2. Keterampilan Teknis

Seseorang yang ahli dalam memanfaatkan teknologi seperti memahami jaringan listrik, peralatan elektronik, penggunaan alat transportasi, atau penggunaan mesin akan lebih dipertimbangkan untuk menjadi karyawan dari perusahaan-perusahaan yang menggunakan alat sebagai sarana kinerjanya.

3. Keterampilan Mengatur Sumber Daya Manusia

Perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak tentu membutuhkan seseorang yang mempunyai kemampuan dalam manajemen konflik, melakukan pemetaan dalam peningkatan pendidikan karyawan, atau memahami kebutuhan dari karyawan.

4. Keterampilan Menggunakan IT

Jaman sekarang IT sudah menjadi keharusan dalam industri. Untuk itu, perusahaan tentu membutuhkan karyawan yang mahir menggunakan komputer, memanfaatkan teknologi terkini, atau menggunakan internet dalam kerjanya. Oleh karena itu, biasanya perusahaan mengadakan pelatihan IT untuk membekali karyawannya agar kinerjanya lebih mudah

5. Keterampilan Mengelola Keuangan

Sebuah perusahaan tentu membutuhkan karyawan yang ahli dalam mengelola keuangan. Untuk itu keterampilan mengelola keuangan menjadi nilai plus seseorang dalam melamar pekerjaan.

6. Keterampilan Memecahkan Masalah

Kemampuan critical thinking dari seorang pegawai sangat dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja sebuah perusahaan. Seseorang yang mempunyai keterampilan sebagai problem solver akan banyak dicari perusahaan dan seringkali dijadikan pemimpin.

Keterampilan kerja memang harus dimiliki oleh seorang pelamar pekerjaan. Seseorang dengan pendidikan yang pas-pasan akan menjadi nilai tambah jika dia mempunyai keterampilan kerja yang diinginkan perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa apapun definisi keterampilan kerja, seorang pelamar pekerjaan wajib memiliki kemampuan yang lebih dibanding yang lain.

Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Artikel Tentang Contoh Tausiyah
Sebelumnya: Manfaat dan Contoh Cerita Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar