Definisi Kognitif Dalam Kaitannya Dengan Perkembangan Anak

Salah satu cara anak mendapatkan pengetahuan yang berperan besar dalam perkembangannya adalah melalui kognisi atau kognitif. Definisi kognitif itu sendiri adalah hal-hal yang berkaitan dengan kerja otak berupa berpikir, memahami, menganalisis dan sebagainya. Kemampuan kognitif pada anak haruslah dikembangkan sedini mungkin dengan cara-cara yang sederhana dan menarik. Hal pertama yang biasanya diajarkan kepada anak berkaitan dengan kemampuan kognitifnya adalah mampu memahami sebab akibat. Kemampuan ini biasanya akan muncul saat anak berusia di atas 2 tahun.

Terdapat beberapa aspek yang terdapat dalam kemampuan kognitif anak. Semua aspek ini haruslah mendapatkan perhatian yang sama besar dan distimulasi sejak dini agar kelak anak bisa menggunakan otaknya secara maksimal untuk berpikir. Aspek-aspek tersebut adalah :

Loading...

1. Knowledge

Yaitu kemampuan anak untuk mencari tahu, menghafal serta mengingat. Orang tua bisa menstimulasi aspek kognitif ini sejak dini dengan cara memberikan mainan-mainan edukatif seperti kartu bergambar. Orang tua memberi tahu kepada anak setiap benda yang ada di kartu kemudian minta anak untuk menyebutkan kembali nama benda yang dimaksud. Hal ini akan merangsang kemampuan otak anak untuk menghafal serta mengingat.

2. Comprehension

Yaitu kemampuan anak untuk memahami. Setelah ia mampu untuk menghafal dan meningat benda, maka anak harus diberitahukan apa saja fungsi dan kegunaan benda yang disebutkannya. Dengan begitu, anak akan belajar untuk memahami sejak dini.

3. Application

Yaitu kemampuan anak untuk menerapkan. Misalnya ia akan mencari gambaran nyata dari gambar yang dilihatnya. Saat ia melihat gambar kursi maka tunjukkan kepada anak kursi yang sebenarnya.

4. Analysis

Yaitu kemampuan anak untuk menganalisis, bisa juga diartikan kemampuan anak untuk mengetahui sebab akibat. Hal ini karena pemahaman anak mengenai sebab akibat akan muncul karena adanya kemampuan otak anak untuk menganalisis sesuatu. Kemampuan ini harus terus dilatih secara sabar oleh orangtua.

5. Evaluation

Yaitu kemampuan anak untuk mengevaluasi atau mengoreksi setiap kejadian yang diamati dan dialaminya.

Kemampuan kognitif ini bukanlah satu-satunya kemampuan yang harus dikembangkan pada diri anak, ada kemampuan lainnya yaitu kemampuan afektif yang berkaitan dengan perasaan dan kemampuan psikomotoric yang berkaitan dengan kemampuan atau skill.

Semoga informasi mengenai definisi kognitif dan kaitannya dengan stimulasi perkembangan anak ini bisa membantu anda dalam memberikan pola asuh terbaik bagi buah hati tercinta.

Loading...
Selanjutnya : Kelebihan Kawasaki Ninja Super Kips Dan Perawatannya
Sebelumnya: Lagu-lagu Indonesia yang Kontroversial di Masyarakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar