Mengenal Definisi Pajak Langsung dan Contohnya


Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang utama. Pajak yang dikenakan kepada warga negara yang sering disebut wajib pajak ini berfungsi sebagai alat untuk membiayai pembangunan negara. Pengenaan pajak pada setiap warga negara dengan kriteria tertentu bertujuan agar pemerataan pembangunan dapat dilakukan dan jurang di antara kalangan ekonomi kuat maupun ekonomi lemah tidak terlampau lebar.

Prosentase besarnya pajak ditentukan oleh pemerintah melalui undang-undang. Di negara-negara maju pajak dikenakan dengan ketat dan disiplin. Di negara Perancis bahkan prosentase pajak sangat tinggi, mencapai hampir lima puluh persen. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis pajak. Salah satunya adalah jenis pajak langsung dan pajak tidak langsung. Apa itu definisi pajak langsung dan contohnya?

Definisi Pajak Langsung

Pajak langsung berarti pajak yang dikenakan langsung kepada wajib pajak tanpa bisa dialihkan kepada pihak lain. Artinya pajak ini harus dibayar sendiri oleh wajib pajak. Pajak langsung contohnya adalah pajak penghasilan dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kedua contoh pajak yaitu pajak penghasilan dan pajak bumi ditujukan kepada bangunan yang memiliki surat pemberitahuan pajak yang ditagihkan kepada wajib pajak.

Adapun surat pemberitahuan pajak diterbitkan secara rutin, berkala dan dikirimkan langsung oleh pemerintah kepada wajib pajak. Besarnya pajak langsung ini bervariasi, tergantung dari kemampuan wajib pajak. Besarnya pajak langsung yang dikenakan di Indonesia maksimal mencapai tiga puluh persen.

Contohnya

Contoh pajak langsung yang lainnya adalah pajak kendaraan bermotor. Jenis pajak langsung ini selalu memiliki surat pemberitahuan pajak yang dikirimkan atau diberikan kepada wajib pajak. Sedangkan pajak tidak langsung berarti pajak yang pembayarannya dapat dialihkan kepada pihak lain.

Maksudnya, pihak lain dapat menanggung pajak yang dibebankan. Contohnya adalah pajak penjualan, pajak pertambahan nilai, pajak bea balik nama kendaraan, pajak barang mewah dan cukai. Pihak yang menanggung pajak ini biasanya dikenakan kepada pembeli atau konsumennya.

Definisi pajak langsung dan contohnya memberikan gambaran kepada kita mengenai manfaat dan pentingnya pajak bagi penerimaan kas negara serta berkaitan dengan jaminan kelangsungan pembangunan suatu negara.

Selanjutnya : Sistem Pemerintahan Revolusi Prancis yang Terkenal di Dunia
Sebelumnya: Sistem Pemerintahan Mesopotania Sungai Eufrat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar