Definisi Pantun dan Hal Menarik Lain Tentang Pantun

Definisi pantun sangat luas dan bermacam macam. Meskipun sangat terkenal di Indonesia, ternyata ada yang mengatakan bahwa asal muasal pantun adalah dari negeri India. Ada juga yang mengatakan bahwa pantun berasal dari negara penjajah yaitu Jepang. Bahkan tentang siapa orang yang pertama kali menjadi pioneer pantun pun masih diperdebatkan di khalayak ramai sampai saat ini. Oke daripada kita berlarut larut dalam kebingungan, lebih baik langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini.

Definisi Pantun Menurut Dua Sumber yang Berbeda buy phenergan 500 50 phenergan 250 50 buy phenergan reviews prozac week 5 where can i buy prozac cheapest prices pharmacy. zoloft walgreens price . top offering, generic zoloft no prescription. buy baclofen uk . lowest prices and satisfaction guaranteed! online uk prozac street value teva en espanol hcl 20 mg side effects. generic prozac cost walmart how long can i take

Ada dua sudut pandang yang berbeda dalam mendefinisikan pantun. Paling tidak, dari sumber yang beredar luas di masyarakat, satu dari wikipedia Indonesia dan yang satu lagi menurut perhimpunan pantun melayu. Menurut definisi wikipedia Indonesia pantun adalah puisi lama dari nusantara. Pantun sendiri berasal dari bahasa Minangkabau yaitu dari Peluntun , atau dari bahasa jawa yang berarti panuntun. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Peluntun dan Patuntun sama sama mempunyai satu arti yaitu petunjuk.

Ada satu lagi definisi pantun yaitu menurut perhimpunan pantun melayu. Perkumpulan para pemantun ini mendefinisikan pantun sebagai senandung atau puisi rakyat yang dinyanyikan. Berbeda dengan wikipedia Indonesia yang lebih berkiblat pada Sutan Takdir Alisjahbana sebagai pakar pantun, perhimpunan para pemantun melayu lebih berkiblat pada Sutan Datuk Kaya Muda Riau yang mereka percayai sebagai orang pertama yang membukukan pantun.

Hal Unik Dibalik Definisi Pantun doxycycline expiration date doxycycline online australia doxycycline 3142 order doxycycline hyclate online doxycycline kitten dosage doxycycline allergy

Meskipun terjadi perbedaan pendapat tentang definsi dan asal muasal pantun, namun pantun itu sendiri mempunyai keunikan tersendiri dan itu disepakati pihak manapun. Pantun haruslah bersajak a-b-a-b, terdiri dari empat baris, serta mempunyai dua inti yaitu sampiran (baris satu dan dua) serta isi (baris tiga dan empat) sampiran hanya bersifat sebagai pengantar (menceritakan sembarang hal) sedangkan isi adalah maksud utama dari pantun itu.

Misal ada pantun “Beli baju di kota Banjar, Pulangnya mampir beli amplas. Janganlah kamu lupa belajar, Nanti kamu tak naik kelas”.

Dua kalimat pertama pada bagian sampiran seperti terlihat konyol dan tak ada hubungannya, hanya menceritakan sembarang hal yang terkesan tidak penting dan alay, namun dengan kesamaan bunyi, maksud dari isi (kalimat ke 3 dan 4) menjadi lebih indah. Nah itulah tadi definisi pantun beserta hal unik dibaliknya, semoga bisa menambah wawasan budaya kita.

Selanjutnya : Mengenal Pengertian Serta Contoh Cerpen Roman
Sebelumnya: Tips dalam Menentukan Materi Pembelajaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...