Definisi Penelitian Deskriptif


Definisi penelitian deskriptif secara bahasa artinya gambaran. Secara istilah berarti penelitian yang ingin mengungkap secara jelas dan objektif terkait dengan fenomena yang terjadi di masyarakat dan menggambarkannya secara lengkap.

Dalam sebuah literatur yang ditulis oleh Furchan pada tahun 2004 disebutkan bahwa yang dimaksud dengan penelitian deskriptif adalah penelitian yang ditujukan untuk mendapatkan berbagai informasi tentang status suatu fenomena saat penelitian sedang dilakukan.

Untuk membedakannya dengan penelitian kuantitaif, penelitian deskriptif memiliki ciri-ciri, antara lain dilihat dari caranya yang menggambarkan sebuah fenomena dengan cara apa adanya, tidak mempengaruhi atau mengendalikan objek penelitian serta tidak memakai uji hipotesis.

Jenis-Jenis Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif terbagi atas beberapa jenis, antara lain:

1. Penelitian Deskriptif Menggunakan Studi Kasus

Penelitian model studi kasus ini dilakukan dengan cara meneliti secara intensif terhadap individu atau unit sosial yang membuka peluang ditemukannya hal-hal baru yang bisa digunakan sebagai bahan hipotesis.

2. Penelitian Deskriptif dengan Studi Perkembangan

Penelitian dengan studi perkembangan ini bertujuan untuk memantau step by step pertumbuhan sebuah objek yang diteliti.

3. Penelitian Deskriptif dengan Studi Documenter

Penelitian model ini juga lazim disebut dengan penelitian berdasarkan pada analisis isi yang bisa digunakan sebagai media untuk meneliti masalah yang berhubungan dengan sosiologi dan psikologi.

4. Peneltian Deskriptif dengan Survey

Survey berarti memeriksa atau meneliti dengan komprehensif. Penelitian yang menggunakan cara survey dilakukan melalui penyebaran kuisioner maupun melakukan wawancara dengan model pertanyaan terbuka yang bertujuan untuk mengetahui tentang objek yang diteliti secara mendalam.

5. Penelitian Deskriptif dengan Studi Tindak Lanjut

Dengan menggunakan cara ini, berarti peneliti melakukan pengamatan terhadap objek penelitian setelah objek tersebut diberi perlakuan tertentu.

6. Peneltian Deskriptif dengan Metode Korelasi

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa rekat hubungan antara 2 objek atau variabel.

7. Penelitian Deskriptif dengan Metode Kecenderungan

Penelitian dengan cara ini dilakukan untuk membuat model tentang sesuatu yang akan terjadi dimasa depan yang berangkat dari kecenderungan-kecenderungan yang ada pada saat ini.

Demikian sekilas tentang definisi penelitian deskriptif serta macam-macam bentuknya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Dampak Buruk Film Naruto untuk Anak-Anak
Sebelumnya: Makalah Pencemaran Air - Pengendalian Dampak Pencemaran Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar