Definisi Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli


Penelitian kualitatif banyak didefinisikan oleh beberapa ahli. Disinilah kemudian kita akan melihat definisi penelitian kualitatif menurut para ahli. Definisi yang diberikan adalah berdasarkan dari apa yang mereka pahami dan nilai dari apa yang dimaksud dengan penelitian kualitatif.

Berikut ini adalah definisi penelitian kualitatif yang diberikan oleh beberapa ahli:

1. Strauss dan Corbin

Penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian yang membuahkan berbagai penemuan yang tak dapat dicapai dan diperoleh dengan menggunakan data statistik seperti layaknya apa yang digunakan di dalam penelitian kuantitatif.

Dalam penelitian kualitatif, yang digunakan di dalam metode penelitian adalah apa yang ada di dalam masyarakat, sejarah, tingkah laku, aktivitas sosial, dan juga beberapa hal di dalam masyarakat yang lain.

Metode yang dipakai ini adalah untuk menghasilkan sebuah kesimpulan akan apa yang ada di balik segala hal yang terjadi di dalam masyarakat tersebut.

Terkadang apa yang terjadi tersebut dianggap sebagai sebuah hal yang sulit untuk dimengerti sehingga membutuhkan data penjelas untuk lebih memahami hal tersebut.

2. Bogdan dan Taylor

Menurut keduanya, penelitian kualitatif diartikan sebagai sebuah metode penelitian yang menggunakan data yang menggambarkan sesuatu dari ucapan dan tulisan serta sikap dan perilaku dari beberapa orang yang dijadikan sebagai objek penelitian tersebut.

Kemudian, dari metode penelitian yang telah dilakukan ini akan dibuat sebuah kesimpulan untuk menjelaskan mengenai ucapan, tulisan dan juga perilaku dari kelompok objek yang telah diteliti.

3. Kirk dan Miller

Menurut mereka, penelitian kualitatif dianggap sebagai sebuah tradisi tertentu dalam sebuah ilmu pengetahuan yang meneliti mengenai sosial masyarakat.

Dalam penelitian ini, objek utama yang ada adalah manusia itu sendiri dengan berbagai hubungan yang ada dengan dirinya dan juga orang lain.

4. Hadani Nawawi dan Martini

Mereka memberikan definisi terhadap penelitian kualitatif sebagai sebuah tindakan penelitian yang memakai data dalam bentuk yang tak dijadikan sebagai simbol atau bilangan. Namun data tersebut tetap berada di dalam bentuk rangkaian yang masih rahasia.

Itulah beberapa definisi penelitian kualitatif menurut para ahli.

Selanjutnya : Obat Jerawat Nasi Alami
Sebelumnya: Cara Memperbanyak Tanaman Buah Secara Buatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar