Definisi Persalinan Secara Normal


Membahas mengenai definisi persalinan maka kita akan mengupas terlebih dahulu awal dari proses persalinan ini. Persalinan atau yang banyak dikenal dengan istilah melahirkan adalah sebuah proses yang berkesinambungan dalam kehidupan manusia di dalam sistem reproduksinya.

Proses Persalinan

Persalinan diawali dengan proses kehamilan dan proses kehamilan diawali dari proses pembuahan. Proses pembuahan adalah keberhasilan dari sperma laki-laki dalam membuahi sel telur yang telah diproduksi oleh seorang wanita. Hal ini terjadi di dalam hubungan seksual yang dialami oleh keduanya.

Sel telur yang diproduksi satu kali dalam satu bulan oleh kebanyakan wanita ini akan dicoba dibuahi oleh jutaan sel sperma yang diproduksi secara terus menerus oleh laki-laki. Dari sekian banyak sperma yang ada, hanya ada satu sperma yang berhasil untuk melakukan pembuahan. Dari hasil pembuahan ini maka akan terbentuklah embrio atau zigot yang kemudian bergerak menuju rahim dan menempel di sana.

Seorang wanita akan mengalami proses kehamilan secara normal selama sembilan bulan. Selama itulah janin akan mengalami perkembangan pertumbuhan, dari yang mulai tidak berbentuk sampai menjadi sosok manusia kecil yang siap untuk dilahirkan.

Cara Persalinan

Proses persalinan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu persalinan normal dan persalinan bedah cesar. Persalinan normal adalah persalinan yang dilakukan melalui jalan lahir yaitu dari rahim menuju vagina seorang wanita. Sedangkan persalinan dengan bedah cesar adalah persalinan yang dilakukan dengan perobekan dinding perut wanita untuk mengangkat janin yang ada di rahimnya.

Proses persalinan normal diawali dengan adanya kontraksi dari rahim ibu. Hal ini menandakan bahwa bayi berusaha untuk membuka jalan lahirnya. Semakin kuat kontraksi yang dirasakan oleh ibu, maka ibu akan merasakan sakit yang amat sangat dan hal ini menandakan jalan lahir semakin terbuka dengan lebar.

Pada tahap yang normal, setelah kontraksi menjadi sempurna akan keluar bercak darah dan kemudian pecah ketuban. Pada saat inilah, pihak medis penolong persalinan akan membantu untuk mengeluarkan bayi dari rahim ibu.

Biasanya adalah bagian kepala bayi yang akan ditarik keluar, setelahnya bayi keluar maka ari-ari atau plasenta si bayilah yang akan diambil keluar. Itulah definisi persalinan yang dilakukan secara normal. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengapa Sosialisasi Berlangsung Seumur Hidup
Sebelumnya: Resep Aneka Makanan Eropa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar