Definisi Sabar dan Ikhlas – Ikhlas dan Sabar Menghadapi Cobaan


Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk melakukan peribadatan hanya kepada-Nya. Allah SWT memberikan akal kepada manusia untuk membedakan mana yang benar dan salah.

Dengan akalnya itu, manusia akan memilih sikap yang harus dipilih dalam menghadapi cobaan di dunia, di antaranya yaitu sabar dan iklas. Pembahasan artikel kali ini akan membeberkan lebih lanjut mengenai definisi sabar dan ikhlas lebih mendalam.

Selain diberi akal, manusia memiliki potensi kehidupan berupa naluri-naluri dan kebutuhan jasmani. Permasalahan akan dialami manusia ketika memenuhi potensi-potensi kehidupan itu. Secara alami, manusia tidak akan pernah lepas dari kesulitan ketika hidup di dunia, bahkan setelah hari akhir manusia akan mendapatkan kesulitan terbesar bagi dirinya, yaitu ketika dihisab oleh Yang Maha Adil.

Sabar

Makna kata sabar adalah mencegah dan menahan. Arti sabar secara terminologi adalah sikap seorang mukmin mencegah dan menahan dirinya untuk melakukan perbuatan untuk memenuhi hawa nafsu dan meninggalkan perbuatan yang dilarang Allah Swt.

Sabar adalah sikap mulia seorang muslim untuk selalu istikamah dan bersungguh-sungguh untuk menjalankan syariat Islam, dan mengalahkan dorongan-dorongan nafsu yang bisa menjemuskannya kepada kemaksiatan.

Allah Swt telah memberikan pujian yang sangat mulia kepada orang-orang beriman yang selalu bertakwa dan bersabar dalam menjalani berbagai ujian di dunia. Allah Swt berfirman,

katakanlah

Sabar terhadap segala ketetapan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT adalah sikap yang harus dipelihara oleh seorang Mukmin, karena sikap ini akan membawa seorang mukmin untuk memperoleh pahala yang besar di sisi-Nya.

sabar dan ikhlas

Ikhlas

Amalan manusia yang akan diterima dan mendapatkan pahala di sisi Allah Swt adalah amal yang didasari dengan niat yang ikhlas dan sesuai dengan syariah Islam.

Ikhlas dapat dikatakan sebagai hal yang terpenting dari niat. Secara etimologi makna ikhlas adalah suci-murni, tidak bercampur dengan yang lain. Sementara, menurut terminologi, arti ikhlas adalah mengerjakan setiap ibadah atau amal kebaikan karena Allah Swt dan mengharapkan rida-Nya.

Itulah pembahasan mengenai definisi sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan di dunia. 3 sikap ini harus ada dalam diri kita agar mendapatkan pahala dan rida dari Allah Swt.

Selanjutnya : 10 Tempat Misterius Di Dunia Yang Dijaga Paling Ketat
Sebelumnya: Sejarah Perubahan Sistem Politik di Turki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar