Definisi Seni Pencatatan

Definisi seni pencatatan sering dikaitkan dengan pengertian tentang akuntansi. Akuntansi memang identik sebagai keahlian di bidang pencatatan dan tidak semua orang mampu menjalankan pekerjaan ini. Diperlukan bakat, minat, pendidikan, dan keahlian khusus bagi seseorang untuk bisa menjadi seorang akuntan yang baik dan berkualitas.

Tujuan Akuntansi

Loading...

Tujuan akuntansi adalah untuk mempersiapkan laporan keuangan yang tepat, akurat, dan bermanfaat bagi pelaku ekonomi, semisal manajer, pengambil kebijakan, pemegang saham, kreditur, dan lainnya. Dengan kata lain, akuntansi ditujukan untuk menyiapkan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Bila dilakukan setiap hari, akuntasi akan menghasilkan catatan harian yang kemudian disebut sebagai pembukuan.

Banyak ahli atau referensi terpercaya yang menyebut bahwa akuntansi adalah pekerjaan seni, atau lebih tepatnya seni mencatat khususnya yang berhubungan dengan satuan mata uang, transaksi, finansial, dan hal serupa lainnya dalam lingkup keuangan atau ekonomi.

Akuntasi merupakan salah satu cabang pengetahuan turunan dari ilmu ekonomi. Sebagian ahli mengartikan akuntansi dengan penjabaran yang rumit dan tidak gampang dipahami oleh orang awam. Untuk lebih mudahnya, akuntasi dapat dimaknai sebagai seni untuk menginterprestasikan atau merumuskan aktivitas keuangan.

Pada zaman dulu kala, manusia mencatat aktivitas keuangannya di atas lempengan tanah liat atau memakai daun lontar. Kemudian, akuntansi lambat-laun mengalami evolusi hingga mencapai puncaknya ketika kaum saudagar dari Venesia, Italia, menemukan apa yang kemudian dikenal dengan istilah double-entry atau “sistem pembukuan ganda”.

Double-entry adalah sistem pembukuan yang membagi semua transaksi keuangan menjadi dua aspek pokok, yaitu debit dan kredit, dengan selalu berorentiasi dalam neraca keseimbangan. Konsep inilah yang dirumuskan oleh Luca Pacioli (1445-1517), seorang Italia yang kemudian menyandang gelar sebagai Bapak Ilmu Akuntansi.

Tahun 1495, Luca Pacioli menemukan kesadaran bahwa akuntansi adalah suatu jenis seni pencatatan. Pemahaman Luca Pacioli tentang akuntasi hingga akhirnya merumuskan konsep double-entry, sistem pembukuan, dan beragam pemikiran tentang keuangan itu kemudian diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Summa de Arithmatica, Geometrica Proporpioni et Proportionalita dengan tebal 600 halaman.

Buku Summa de Arithmatica, Geometrica Proporpioni et Proportionalita karya Luca Paciolo lalu dialihbahasakan dalam bahasa Inggris, diterbitkan dari London oleh John Gouge pada tahun 1543, dan menjadi buku referensi paling terpercaya untuk kalangan yang menggeluti bidang keilmuan akuntansi. Demikian ulasan mengenai definisi seni pencatatan atau akuntasi.

Loading...
Selanjutnya : Rock Jepang Sepanjang Masa
Sebelumnya: Sejarah High heels
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar