Jenis dan Definisi Pantun Beserta Contohnya


Definisi pantun dalam pelbagai bahasa daerah miliki arti yang beragam. Dalam bahasa Jawa, pantun dikenal dengan sebutan parikan.

Dalam bahasa Minangkabau, pantun disebut patuntun. Dalam bahasa Sunda, pantun disebut dengan paparikan. Sedangkan dalam bahasa Batak, pantun disebut umpasa.

Umumnya pantun miliki empat larik atau baris. Per barisnya miliki delapan hingga 12 suku kata. Tiap barisnya miliki sajak akhir dengan pola yang sama.

Contoh pantun sederhana sebagai berikut:

Indahnya pemandangan alam di Kaliurang

Lokasi favorit saat karyawisata

Jangan gudah dan gelisah meski tak punya uang

Yang penting hati ini tetap bahagia

Pantun umumnya miliki dua bagian; sampiran dan isi. Bagian pertama, sampiran, merujuk pada keindahan alam. Bagian pertama ini biasanya tidak miliki hubungan sama sekali dengan bagian kedua.

Sedangkan isi adalah maksud dari pantun ini sendiri. Baik sampiran dan isi miliki dua baris. Dua baris pada isi adalah konten inti dari penyampaian pantun yang dibuat atau diucapkan.

Contoh pantun sederhana dengan tentang cinta:

Jalan-jalan ke Kota Malang

Jalang lupa mampir ke Batu

Untuk kekasihku yang tersayang

Sampai kapan engkau terdiam membisu

Pantun miliki banyak jenis. Mulai pantun adat, pantun agama, pantun budi pekerti, pantun jenaka, pantun kepahlawanan, pantun kias, pantun nasihat, pantun percintaan, pantun peribahasa, pantun perpisahan, pantun teka-teki, dan masih banyak lagi.

Sejatinya, pantun tidak miliki pakem tentang jenis. Anda bisa membuat pantun apa saja di luar jenis-jenis pantun yang telah disebutkan di atas.

Pantun bisa miliki jenis apapun asalkan sesuai dengan aturan yang ada (sampiran dan isi). Misalkan pantun tentang pendidikan berikut:

Naik Gunung Bromo memandang langit

Rasakan suhu dingin yang tak bisa ditolak

Anakku mulai sekarang belajarlah setinggi langit

Agar bisa jadi apa pun saat engkau dewasa kelak

Lantas apa sebenarnya fungsi atau peran pantun itu sendiri? Pantun miliki banyak manfaat. Salah satunya yakni untuk melatih kemampuan berfikir.

Ini terwakilkan dalam keahlian seseorang ketika bermain kata-kata. Bagaimana ia mampu menyususun sebuah pantun dengan sajak berakhiran sama serta serta mengena isisnya.

Demikian definisi pantun berserta jenis dan contoh sederhananya.

Selanjutnya : Laporan Bisnis–Efektif dan Efisien
Sebelumnya: Lagu-lagu Korea Hits 2012
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar