Implementasi Demokrasi Pancasila di Era Reformasi

Masa reformasi telah mengubah pemerintahan yang dilaksanakan di Orde Baru menjadi masa pemerintahan Reformasi. Gerakan reformasi ini memiliki tujuan untuk memberikan perubahan. Lalu, bagaimanakah implementasi demokrasi pancasila di era reformasi.

Gerakan reformasi diharapkan memang mampu untuk memberikan perubahan akan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. karena di masa Orde Baru dianggap ada beberapa konsep di dalam demokrasi yang tidak atau kurang untuk diterapkan sehingga dicetuskanlah gerakan reformasi untuk memperbaiki hal ini.

Namun, secara nyata dan fakta, apakah tujuan dari gerakan ini dapat untuk dilaksanakan. Ataukah pelaksanaan demokrasi pancasila di masa reformasi masih sama dengan apa yang ada di era Orde baru karena notabene yang dilakukan adalah sama saja yaitu dalam kerangka Demokrasi. Beberapa hal inilah yang dapat dilihat dan dicermati dari implementasi demokrasi pancasila di era reformasi.

best prices for all customers! zoloft generic or brand zoloft for sale canada buy zoloft buy zoloft online. free delivery, zoloft generic available. Kebebasan Pers

Inilah salah satu hal yang mungkin dianggap sangat mencolok dari keberadaan dan pengaruh gerakan reformasi dalam penerapan demokrasi Pancasila. Di masa orde baru, tak banyak yang mampu dan berani untuk bersuara lantang menyerukan aspirasi dan pendapat mereka. Namun, di masa reformasi ini, seakan keran informasi dibuka dengan selebar mungkin. Inilah yang membuat seseorang lebih dianggap memiliki kebebasan bersuara dan berpendapat.

Terutama di dalam masalah pers. Pers seakan bisa dan mampu untuk menyajikan aneka bentuk informasi dan berita yang ada. Entah itu untuk memihak satu pihak tertentu atau murni demi memberikan masyarakat porsi berita yang memang proporsional dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

hydroxyzine 25 mg for sleep hydroxyzine pamoate 25 mg uses vistaril 400 mg atarax 25mg for sleep atarax hydroxyzine hcl 10mg ataraxis accounting twin falls… cheap atarax buy estrace online without prescriptions estrace dient der behandlung der von menopause verursachten zustande (wie vaginales jucken, brennen oder  Multi Partai mens health, priligy online usa, priligy online india – providencehousing.org. dapoxetine tablets in india buy dapoxetine cheap australia dapoxetine for sale 

Hal ini juga dapat dilihat nyata di dalam penerapan demokrasi di era reformasi. Jika di jaman Orde Baru hanya terdapat tiga partai utama dengan pemenangnya selalu saja satu partai tetap tersebut, seakan kedua partai hanyalah penggembira maka di era reformasi diperlihatkan lebih banyak partai.

Di dalam pemilihan umum yang dilakukan beberapa kali setelah masa reformasi, partai peserta pemilu lebih banyak jumlahnya. Bahkan sempat mencapai jumlah di atas empat puluh partai walaupun kemudian jumlah partai ini terus menyusut menjadi beberapa saja namun tetap lebih banyak dibandingkan dengan masa orde baru.

Hanya saja, pertanyaannya mampukah banyak partai ini mengakomodir semua kepentingan rakyat dan mampu untuk mewujudkan kepentingan rakyat demi kesejahteraan rakyat. Ataukah tujuan partai hanya semata untuk kepentingan segelintir elit partai tersebut?

Inilah bagaimana bentuk implementasi demokrasi pancasila di era reformasi yang banyak kita temui sekarang. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Makalah Tahapan Penyusunan Struktur Organisasi
Sebelumnya: Resep Adonan Martabak Manis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar