Demokrasi Pancasila Berlandaskan


Negara Indonesia dengan lambang negaranya adalah burung garuda dan pancasila merupakan landasan ideologinya, pancasila juga dianggap sebagai pilar negara Indonesia. Indonesia merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan republik yang mana masyarakat memiliki peran aktif dalam pembangunan negara.

 

Demokrasi Pancasila

Demokrasi pancasila berlandaskan pada suatu pencapaian kesepakatan yang dihasilkan dari upaya musyawarah. Di Indonesia memiliki tatanan sistem pemerintahan yang demokrasi, bahwa setiap masyarakat memiliki kesempatan dan hak yang sama dalam berpendapat.

Demokrasi pancasila menggantikan demokrasi sebelumnya yaitu, demokrasi terpimpin dan demokrasi parlementer yang dianggap banyak merugikan masyarakat, karena menyempitkan ruang gerak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Demokrasi pancasila termaktum dengan jelas pada pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia pada sila ke empat yang mana pada sila ini menyebutkan bahwa “kerakyatan dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam pemusyawaratan perwakilan”.

Dapat diartikan bahwa setiap keputusan yang diambil berdasarkan hasil musyawarah yang mencapai kata mufakat, yang disetujui oleh semua anggota musyawarah. Namun, apabila tidak tercapainya kata mufakat maka dalam musyawarah dilakukan voting suara sehingga tercapai kata mufakat, dengan ketentuan setengah plus satu dari jumlah anggota musyawarah yang hadir.

Indonesia menganut sistem demokrasi pancasila, demokrasi sendiri dalam pengertiannya memiliki makna kekuasaan berada di tangan rakyat, sementara pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang diambil dari bahasa sangsekerta yang memiliki arti lima prinsip bangsa yang dianut oleh Indonesia berikut pada tiap silanya ada lambang sendiri, yang sarat dengan makna.

Demokrasi pancasila berlandaskan pada setiap warga negara memiliki hak dan kedudukan yang masa, bentuk demokrasi yang bisa dicontohkan adalah pada saat pemilihan presiden atau pemilihan pemimpin daerah, semua warga masyarakat memiliki hak yang sama untuk memilih dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Prinsip demokrasi pancasila tertulis pada tiap sila-sila pancasila, memiliki pemahaman bahwa adanya sikap menjunjung tinggi persamaan hak dan kewajiban, menjungjung tinggi persatuan dan kesatuan, sikap yang jujur serta adil, musyawarah untuk mencapai kata mufakat, untuk seluruh rakyat. Bahwa demokrasi adalah berawal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat itu sendiri, dalam pemilihan pemimpin pun rakyat pula yang menentukan berdasarkan pada paham demokrasi yang dianut bangsa Indonesia berlandaskan pada pancasila.

Selanjutnya : Gabungan Nama-nama Bayi Perempuan dalam Islam
Sebelumnya: Mengenal Kualitas Jenis-jenis Batu Alam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar