Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut Soekarno


Di Indonesia sendiri, pernah ada penerapan untuk pelaksanaan sistem demokrasi, yaitu di periode masa orde lama menggunakan demokrasi terpimpin, pada masa orde baru dan masa reformasi.

Kepemimpinan Soekarno

Sebagai presiden pertama, Ir. Soekarno memiliki peranan besar terhadap Indonesia. Di saat pemerintahan Soekarno menganut demokrasi terpimpin menurut Soekarno yang ternyata banyak mengandung pro dan kontra.

Berbagai upaya telah dilakukan agar masyarakat bisa hidup makmur, termasuk menerapkan sistem demokrasi. Demokrasi terpimpin juga ternyata berpengaruh pada berbagai kondisi yang ada di masyarakat saat itu, seperti: kondisi sosial, kondisi budaya, kondisi pertahanan dan keamanan, kondisi ideologi.

Berbagai dampak dari demokrasi terpimpin itu sendiri, diantaranya: adanya ketidak adilan dalam hasil pengolahan sumber daya alam, yang lebih sering dinikmati oleh ibukota daripada desa penghasil sumber daya alam itu sendiri, banyak terjadi pemberontakan karena tidak percayanya sistem pemerintahan demokrasi terpimpin yang dipimpin oleh pemimpin, tak hanya itu saja perekonomian semakin terperosok dan masyarakat juga mengalami kesulitan mendapatkan bahan pokok.

Kondisi masyarakat yang semakin goyah yang kemudian menimbulkan aksi dimana-mana, status politik yang semakin tak stabil. Sampai akhirnya keluarlah supersemar yang mengganti demokrasi terpimpin menjadi demokrasi Pancasila. Sudah seharusnya di Indonesia sendiri, penerapan demokrasi harus sesuai dengan nilai-nilai yang ada di pancasila.

Indonesia adalah negara yang berdasarkan hokum. Konsep demokrasi juga terlibat dalam berbagai aspek kehidupan , diantaranya: ekonomi, sosial, budaya. Demokrasi juga bukan hanya ada di pemerintahan tapi di dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu sudah seharusnya penanaman demokrasi harus sesuai pancasila dan memprioritaskan kepentingan bersama agar dapat berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Untuk itu diperlukan pendidikan demokrasi agar rakyat dapat bersikap demokratis. Dengan adanya sistem demokrasi yang baik dan benar. Maka pemerintahan akan berdampak baik dan menimbulkan kebebasan, keadilan dan kesejahteraan untuk seluruh rakyatnya. Untuk itu pemerintah dan rakyat harus terus bergandengan tangan agar terciptanya negara yang adil dan makmur.

Dengan penerapan demokrasi adalah salah satu sistem yang diperlukan untuk proses pemerintahan berjalan lancar. Demokrasi terpimpin menurut Soekarno adalah salah satu proses perjalanan demokrasi di Indonesia. Semoga kedepannya demokrasi di Indonesia semakin baik agar seluruh rakyat bisa hidup nyaman.

Selanjutnya : Langkah-Langkah dalam Menulis Artikel
Sebelumnya: Sunan Gunung Jati, Wali Songo dari Jawa Barat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar