Penerapan Demokrasi yang Baik di Indonesia


Demokrasi yang baik dapat dilihat dari penerapan demokrasi itu sendiri. Namun, memang sulit untuk menemukan makna dari penerapan demokrasi yang dianggap baik ini, karena demokrasi itu sendiri di dalam pelaksanaan banyak mengalami penyelewengan dari makna dasarnya.

Penerapan Demokrasi Saat Ini

Hal yang diharapkan dari penerapan demokrasi adalah dapat untuk melaksanakansetiap kepentingan rakyat. Sehingga, setiap suara rakyat dapat didengar dan kebijakan yang dibuat oleh wakil rakyat sebagai representasi dari rakyat itu sendiri dapat sejalan dengan kepentingan dari rakyat yang ada.

Apakah hal ini dapat mudah untuk kita temukan? Apakah semua kebijakan yang telah dibuat oleh para wakil rakyat sudah menunjukan representasi dari perwujudan kepentingan rakyat itu sendiri? Ataukah harapan kepentingan rakyat dapat diperhatikan hanyalah sekadar harapan belaka?

Penerapan demokrasi akan memperlihatkan kepada kita bagaimana demokrasi yang sesungguhnya. Wakil rakyat yang sudah mendapatkan suara rakyat dan berhasil duduk di pemerintahan seakan lupa dengan janji dan komitmen yang mereka lontarkan saat kampanye politik. Mereka sudah lupa dengan amanah dan kepentingan rakyat yang harus diperhatikan.

Hal ini dapat terbukti dengan banyaknya tindak korupsi yang dilakukan oleh para wakil rakyat. Mereka dengan mudah menerima uang dari pihak yang berkepentingan dengan kebijakan yang akan dibuat. Sehingga, kebijakan tersebut tak lagi memerhatikan kepentingan dari rakyat, namun sudah mengedepankan kepentingan para pihak yang sudah memberikan uang.

Inilah yang kemudian dikenal dengan istilah pelaksanaan demokrasi dianggap baik oleh sebagian pihak.Yaitu pihak yang mendapatkan keuntungan atau para wakil rakyat. Sedangkan dari pihak rakyat itu sendiri tidak akan menerima keuntungan sama sekali.

Kepentingan yang seharusnya dikedepankan oleh para wakil rakyat justru digadaikan untuk keuntungan mereka sendiri. Lalu, apakah bisa dengan ini demokrasi dianggap sebagai sebuah pelaksanaan demokrasi yang baik?

Tentu jawabannya akan diserahkan kepada seluruh pihak yang telah menamakan dirinya sebagai wakil rakyat.Yaitu sosok yang seharusnya mengurusi dan mengatur segala urusan dan kepentingan rakyat sebagai pemilik suara mereka. Semoga bermanfaat dan dapat membuka mata hati mereka mengenai apa demokrasi sesungguhnya.

Selanjutnya : Tanggal 21 Juli Masuk Pada Zodiak Apa?
Sebelumnya: Tanya Jawab Dokter Boyke
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar