Denda Pajak Motor Telat Satu Bulan


Kendaraan bermotor sangat membantu aktivitas manusia. Setiap hari manusia menggunakan sepeda motor. Tanpa sepeda motor atau kendaraan bermotor, manusia akan mengalami banyak kesulitan. Kendaraan bermotor tersebut adalah transportasi utama yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Pengguna kendaraan bermotor wajib membayar pajak. Pajak semua kendaraan bermotor wajib dibayarkan setiap satu tahun sekali. Perpanjangan STNK dilakukan setiap lima tahun sekali. Pajak tersebut dibayarkan di tempat yang memang khusus ditunjuk untuk pembayaran kendaraan bermotor. Sayangnya, tidak semua orang dapat tepat waktu membayar pajak kendaraan bermotor.

Banyak orang yang mengalami keterlambatan dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Orang yang mengalami keterlambatan dalam membayar pajak akan dikenai denda. Besaran denda tersebut berbeda-beda untuk tiap kendaraan bermotor.

Kali ini akan dibahas perhitungan denda pajak motor telat satu bulan. Pembahasan ini diharapkan dapat membantu perhitungan besaran biaya pajak dan denda yang harus dibayarkan.

Besarnya Denda Motor Telat Pajak

Setiap pemilik motor yang telat membayar pajak pasti kena denda. Denda tersebut wajib dibayarkan oleh orang yang bersangkutan. Besarnya pajak yang harus dibayarkan berbeda meskipun rumusnya sama.

Orang yang mengalami keterlambatan dalam membayar pajak harus membayar denda. Denda yang harus dibayarkan ada dua macam, yakni denda dari PKB dan denda yang berasal dari SWDKLLJ.

Denda yang pertama atau denda PKB yang harus dibayarkan berjumlah sama, yakni 25 persen per tahun. Itu dihitung dari PKB. Jika pajak mengalami keterlambatan selama satu bulan, maka besarnya denda yang pertama, yakni besarnya PKB X 25 %  X 1/12. Dari perhitungan tersebut, akan didapatkan jumlah denda.

Denda yang kedua adalah denda, namun dengan perhitungan yang sama, yakni untuk mobil Rp 100 ribu dan untuk motor sebesar Rp 32 ribu. Jumlah denda ini kerap menjadi beban. Meskipun hanya telat satu hari, perhitungannya tetap sama. Itulah denda pajak motor telat satu bulan.

Mengantisipasi Pajak Telat

Banyak orang yang pajaknya mengalami keterlambatan. Hal tersebut terjadi karena banyaknya kesibukan sehingga orang lupa membayar pajak kendaraan. Orang yang sangat sibuk harus memiliki catatan khusus tentang hal-hal yang penting, seperti pajak kendaraan bermotor, agar tidak mengalami denda pajak motor telat satu bulan.

Cara lain untuk mengantisupasi keterlambatan membayar pajak adalah meminta keluarga atau orang terdekat memberi peringatan. Dengan demikian, keterlambatan bisa dihindari. Semoga, tulisan ini membantu pembaca sekalian dan dapat diambil manfaatnya.

Selanjutnya : Dengar Lagu Gratis Online
Sebelumnya: Obat Alergi Gatal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar