Denda Samsat Akibat Keterlambatan Membayar Pajak


Memang sangat mengesalkan jika harus membayardenda samsat akibat keterlambatan pembayaran kendaraan bermotor. Meskipun jumlah keterlambatan hanyalah satu hari tetapi denda yang diberikan akibat keterlambatan tersebut ternyata cukup besar.
Hal inilah yang biasanya dirasakan oleh semua orang yang memiliki kendaraan bermotor. Rasa yang cukup membuat orang menjadi geram akibat adanya denda pajak yang jumlahnya bisa dikatakan cukup besar.

Keterlambatan Membayar Pajak

Bukan berniat untuk tidak membayar pajak tetapi seseorang terkadang memiliki kesibukkan tersendiri sehingga lupa akan tagihan yang harus dibayarkan. Jika demikian kejadiannya maka wajar sekali jika seseorang lupa untuk membayar pajak.

Namun banyak yang mengeluhkan tentang besaran denda akibat keterlambatan yang tidak jauh berbeda antara terlambat satu hari dengan satu bulan ataupun satu tahun. Inilah yang juga membuat orang bertanya-tanya.

Biasanya jika sudah terlambat sehari dari jatuh tempo waktu pembayaran, maka seseorang akan menundanya hingga dia memiliki waktu yang luang untuk melakukan pembayaran. Hal ini dilakukan karena memang ada anggapan bahwa tidak ada bedanya jika membayar sekarang atau beberapa bulan lagi karena jumlah denda yang hampir sama.

Padahal sebenarnya perhitungannya tidaklah demikian. Hanya saja pendapat tersebut ada benarnya karena besarnya pembayaran yang diambil dari denda atas SWDKLLJ yang dibebankan kepada seseorang akibat keterlambatan.

Jika kita jeli atau membaca STNK yang kita miliki, maka ada dua pembayaran yang harus dilakukan akibat keterlambatan. Dua denda yang harus dibayarkan adalah denda atas PKB dan denda atas SWDKLLJ.

Besaran denda atas PKB pada suatu daerah terkadang berbeda-beda. Biasanya besaran denda atas PKB adalah 2% setiap bulan, sedangkan besaran denda atas SWDKLLJ adalah sekitar 100 ribu untuk mobil dan 35 ribu untuk sepeda motor.

Besaran denda atas SWDKLLJ inilah yang sering membuat seseorang merasa bahwa telat membayar satu hari dengan satu tahun tidaklah jauh berbeda. Meskipun sebenarnya sungguh jauh berbeda, tetapi karena angkanya terlalu besar di denda SWDKLLJ, sehingga beban yang diberikan antara satu hari dengan setahun tidaklah jauh berbeda.

Demikianlah cara menghitung denda samsat akibat keterlambatan. Untuk menghindari keterlambatan dan denda maka disarankan pembayaran dilakukan mulai dari seminggu sebelum waktu pembayaran jatuh tempo. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Desain Penataan Toko Serba Ada
Sebelumnya: Pentingnya Menyusun Barang Toko
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar