Dengkuran

Jika kita melihat orang yang tidur sambil mendengkur, kita langsung berkesimpulan orang tersebut tidurnya nyenyak. Padahal dengan mendengkur, belum tentu orang tersebut mempunyai tidur yang berkualitas. Begitupun sebaliknya. Orang yang tidurnya tidak mendengkur, belum tentu mempunyai tidur yang kurang berkualitas. Jadi apa sih sebetulnya dengkuran itu? Mendengkur sebetulnya dapat ditemukan penyebabnya sekaligus solusi untuk mengatasinya. Karena suara dengkuran dapat mengganggu orang di sekitarnya. Yuk kita cermati penyebab sekaligus solusinya.

Mendengkur Itu Sebetulnya Apa Sih?

Mendengkur adalah suara yang keluar tanpa sadar saat tidur. Suara yang dikeluarkan juga bervariasi, namun makin dewasa seorang manusia, kemungkinan ia mendengkur akan semakin tinggi, sekitar 50%. Suara mendengkur itu sebetulnya suara getaran jaringan saluran pernafasan bagian atas dan biasanya suara tersebut keluar ketika proses menarik nafas. Mendengkur banyak dialami oleh orang dengan kelebihan berat badan. Walaupun sekitar 3% anak-anak juga mendengkur, namun mendengkur biasanya dialami oleh orang dewasa.

Apakah Yang menjadi Penyebab seseorang Mendengkur?

•    Posisi Tidur Yang Salah
Tidur dengan posisi telentang biasanya akan menyebabkan seseorang mendengkur. ini dikarenakan dengan posisi telentang, biasanya mulut akan terbuka dan posisi lidah pun turun ke arah tenggororkan. Dengan posisi lidah yang menutupi jalan penafasan, udara yang melewati celah sempit akan menimbulkan suara, yang kemudian kita kenal dengan suara mendengkur.
•    Mempunyai Kebiasaan Merokok
Rokok selain menimbulkan banyak petaka dalam tubuh seperti kanker paru, penyakit jantung dan lain sebagainya, rokok juga berpotensi menimbulkan peradangan dalam saluran pernafasan. Radang saluran pernafasan inilah yang memicu terjadinya suara dengkuran.
•    Mempunyai Alergi
Orang yang memiliki riwayat alergi, baik terhadap cuaca maupun hal lainnya, berpotensi tinggi akan mendengkur ketika tidur. Juga orang yang mengidap sinusitis mempunyai kecenderungan yang sama.
•    Mempunyai Kelainan Bentuk Hidung
Orang yang memiliki kelainan bentuk hidung cenderung akan mendengkur ketika tidur.
•    Mempunyai Kelebihan Berat Badan
Orang yang memiliki berat badan berlebih juga berpotensi tinggi akan mendengkur ketika tidur.

Solusi Agar Mendengkur Berkurang

•    Tidur yang Cukup
Kelelahan karena beraktivitas akan membuat tidur menjadi kurang berkualitas.
•    Mandi Air Hangat
Mandi air hangat menjelang tidur dapat membuat hidung terasa lebih lega, apalagi jika musim penghujan tiba. Hidung yang terasa lega akan mengurangi kemungkinan mendengkur ketika tidur.
•    Hindari Minuman Keras dan Rokok
•    Mengurangi Berat Badan

Demikian sekelumit mengenai dengkuran, penyebab dan solusinya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Memulai Usaha Perlengkapan Bayi
Sebelumnya: Denah Rumah Lahan 400 m
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...