Desain Baju Remaja Wanita Syar’i

Baju adalah salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh manusia. Karena fungsi utama dari baju adalah untuk menutupi aurat manusia. Aurat adalah bagian tubuh manusia yang memang harus ditutupi sehingga tidak dapat dilihat oleh manusia yang lain yang tak boleh melihat aurat tersebut. Ada banyak desain baju yang ada saat ini termasuk adalah desain baju remaja wanita syar’i.

Baju Remaja

Desain baju adalah gaya dan bentuk baju yang diciptakan berdasarkan sebuah nilai atau keinginan pemakainya. Tanpa kita sadari, keberadaan desain baju ini menunjukan nilai dari apa yang dipahami oleh pemakainya.

Desain baju wanita syar’i termasuk di dalamnya. Yang dinamakan dengan desain baju wanita syar’i adalah desain atau bentuk baju yang dipakai oleh wanita sesuai dengan syariat atau aturan yang ada di dalam agama Islam. Karena memang inilah yang dinamakan dengan istilah syar’i.

Untuk menentukan mana baju yang dianggap sebagai baju yang syar’i maka haruslah merujuk pada batasan atau aturan yang telah ada di dalam Islam yang mengatur masalah baju. Aturan mengenai baju adalah aturan yang dipakai dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan sekali lagi, hal ini akan merujuk pada dalil yang benar dan kuat.

Karena baju dibuat untuk menutup aurat, maka terlebih dahulu haruslah merujuk pada batasan makna aurat bagi wanita. Sesuai hadits Rasul yang menyatakan bahwa aurat bagi wanita adalah seluruh bagian tubuhnya kecuali muka dan kedua telapak tangan. Maka dari itu, baju yang syar’i bagi wanita adalah yang harus menutupi semua bagian ini.

Dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 59 disebutkan baju yang syar’i bagi para wanita. Baju tersebut dikenal dengan sebutan jilbab. Jilbab adalah baju yang longgar yang menutupi seluruh bagian tubuh wanita kecuali muka dan kedua telapak tangan. Sedangkan untuk menutupi kepala dipakailah kerudung sesuai dengan surat An Nur ayat 31.

Inilah yang dinamakan dengan desain baju remaja wanita yang syra’i, yaitu yang sesuai dengan syariat atau aturan Islam. Sebagai seorang muslim yang beriman maka kita harus menerapkan aturan ini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Budidaya Pohon Jeruk Nipis
Sebelumnya: Mengenal Fase Menstruasi pada Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini