Kelebihan dan Tips Membuat Desain Bambu Untuk Rumah

Banyak orang yang menganggap jika bangunan rumah yang dibuat dari bahan bambu merupakan rumah yang tidak bagus dan menarik. Padahal sebenarnya desain bambu untuk bangunan rumah justru punya tampilan yang jauh lebih indah dan cantik dibandingkan dengan material atau bahan lainnya karena punya nilai seni yang tinggi.

Kelebihan Rumah Bambu

Bukan hanya punya cita rasa seni yang tinggi, rumah bambu juga terlihat alami dan bisa menyatu dengan alam. Selain itu bambu sangat mudah didapatkan apalagi di Indonesia, bisa ditemukan di mana saja dengan mudah. Dan yang lebih menyenangkan lagi harganya sangat murah dibanding material lain misalnya kayu.

Bangunan yang dibuat dari kostruksi baja dan batu memang terlihat lebih kokoh dan kuat. Tapi jika terjadi guncangan seperti gempa, rumah tersebut gampang roboh. Beda dengan bambu yang bobotnya lebih ringan, material ini lebih kuat menahan goncangan gempa. Jikapun roboh, tidak terlalu membahayakan jiwa.

Jika merasa jenuh dan bosan, rumah bambu dapat dirobohkan dan dibuat lagi dengan desain dan bentuk yang baru dengan tampilan yang makin variatif. Sebab ongkos pembangunannya sangat murah. Bandingkan dengan rumah dinding dari batu bata, jika ingin membuat yang baru tentu dibutuhkan biaya tinggi.

Membuat Desain Rumah Bambu

Membuat desain bambu untuk bangunan rumah memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Namun jutru disinilah letak tantangan dan nilai seninya. Ukuran diameter masing-masing batang bambu tidak selalu sama.

Oleh karena itu sebelum menentukan desainnya lakukan pengecekan lebih dulu ukuran diameter tersebut. Tujuannya agar saat proses pembangunan rumah dilaksanakan tidak akan kesulitan bila harus memilih ukuran bambu yang pas dan cocok.

Sebelum digunakan untuk mendirikan bangunan rumah, bambu harus diawetkan lebih dulu agar bisa tahan lebih lama dan tidak mendapat serangan rayap. Caranya sangat mudah cukup mudah, tinggal direndam dalam air yang mengalir seperti sungai atau diberi larutan kimia khusus yang bisa membuat bambu menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Ketika pembangunan dilaksanakan, pemasangan konstruksi sebaiknya tidak menggunakan paku besi karena paku tersebut sifatnya tidak lentur. Lebih baik memakai paku pantek yang dibuat dari bilah bambu atau kayu yang dikecilkan hingga menyerupai paku dan dipasang dengan alat bor.

Kemudian untuk desainnya, harus bisa diselaraskan dengan lingkungan sekitar agar rumah yang dibuat bisa terlihat menyatu dengan alam. Perlu diketahui, meski hanya terdiri dari bambu saja namun bangunan yang menggunakan bahan ini tetap bisa dibuat dengan desain bambu yang gaya atau modelnya lebih modern, asal bisa kreatif.

Loading...
Selanjutnya : Keuntungan DNS dalam Penggunaannya
Sebelumnya: Keterampilan Unik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar