Detak Jantung Normal Orang Dewasa


Jantung merupakan organ terpenting dalam melangsungkan kehidupan dalam tubuh manusia. Gangguan terhadap fungsi jantung dapat mengakibatkan sakit yang serius hingga taraf kematian.

Sebab itu, kita perlu mengetahui kriteria jantung yang sehat. Salah satunya dengan mengukur detak jantung per menitnya, lalu berapakah detak jantung normal orang dewasa?

Detak jantung memang diukur pada jumlah untuk satuan waktu, para ahli medis umumnya menggunakan detakan jantung per menit atau dalam bahasa ilmiah beats per minute (bpm).

Denyut jantung setiap orang tentu saja berbeda-beda dan juga berbeda antara pengukuran di waktu istirahat atau selesai berakvitas seperti berolahraga. Beragamnya jumlah detak jantung per menit itu dipengaruhi oleh banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh tatkala itu.

Ahli kesehatan sudah lazim mengukur kesehatan pasiennya diawali dengan melihat berapa denyut nadinya. Sebab dari situlah akan dinilai seseorang bugar atau sedang mengalami sakit.

Seseorang yang sudah memasuki usia dewasa normalnya memiliki denyut jantung berkisar 60 hingga 100 denyut per menit. Bila didapati denyut jantung lebih rendah tatkala beristirahat, maka pertanda fungsi jantungnya lebih efisien dan kardiovaskularnya dalam keadaan baik.

Denyut jantung dipengaruhi banyak faktor, semisal kegiatan fisik ataupun kualitas kebugaran seseorang, posisi tubuh, suhu udara, ukuran tubuh, emosi, dan juga obat yang dikonsumsi. Siapa saja bisa mengukur denyut jantungnya dengan mudah tanpa membutuhkan stetoskop. Agar dapat mengukur denyut jantung sendiri, maka periksalah denyut pada nadi di tangan atau bagian lainnya.

Caranya, yaitu menempatkan jari telunjuk dan tengah pada pergelangan tangan, atau tiga jari tangan pada sisi leher. Setelah merasakan denyut nadi, maka hitunglah dengan jumlah waktu 15 detik. Setelah itu hasilnya dikali empat, maka dapat diperoleh denyut jantung dalam semenit atau bpm.

Walaupun jumlah denyut jantung itu beragam, namun bila didapati jumlah yang melebihi 100 bpm atau kurang dari 60 bpm, maka dapat disimpulkan kesehatan seseorang sedang terganggu. Lebih baik konsultasikan pada dokter terdekat untuk menganalisis permasalahan kesehatan tersebut.

Sekian pemaparan detak jantung normal orang dewasa. Semoga sedikit uraian tersebut bermanfaat bagi kita agar membiasakan hidup sehat.

Selanjutnya : Melakukan Proses Registrasi Nomor Ponsel di CIMB Kliks
Sebelumnya: Perbedaan Cagar Alam dan Suaka Margasatwa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar