Dewa Naga Menurut Agama Buddha

Di dalam agama Buddha dikenal banyak dewa. Salah satunya adalah Dewa Naga. Dewa Naga menurut agama Buddha merupakan salah satu dewa pelindung Buddha. Dewa Naga diyakini sebagai makhluk yang perilakunya baik dan telah mencapai kehidupan spiritual tingkat tertentu. Berkat perilakunya yang baik tersebut, Dewa Naga memperoleh kedudukan terhormat dan mendapatkan berkah berupa kesempatan untuk mengabdi secara langsung sebagai pendamping dan pelindung Buddha. Selain sebagai pelindung Buddha, Dewa Naga juga dikenal sebagai pelindung Bhodisatva dan makhluk suci lainnya.

Dewa Terkaya

Loading...

Catatan-catatan tentang Raja Naga (Dewa Naga) terdapat dalam sutra-sutra Budhis. Sebab, ketika Sakyamuni Buddha menyampaikan ajaran-Nya, 8 kelompok dewa dan naga (Tian Long Ba Bu) kerap hadir. Mereka datang untuk mendengarkan ajaran dan memberikan dukungan. Buddha menyatakan bahwa Raja Naga memiliki kekuatan supernatural yang hebat.

Raja Naga juga merupakan Dewa Harta Terkaya di laut. Jika di langit, ada Jambhala yang merupakan Dewa Terkaya, di lautan Dewa Terkaya adalah Raja Naga. Jadi, Dewa Harta Terkaya di Langit adalah Jambhala, sementara Dewa Harta Terkaya di Laut adalah Raja Naga. Dewa Naga adalah sosok yang sangat mudah kontak yoga sebagaimana Dewa Rejeki lainnya, seperti  Empat Raja Langit, Raja Gunung, dan  banyak Dewa berkah.

Altar Raja Naga

Sebuah altar Raja Naga didirikan di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya, Palembang, Sumatra Selatan. Umat Buddha dari berbagai wilayah disarankan untuk berdoa dalam altar Raja Naga, terutama di tahun Naga dan mereka yang bershio Naga, agar mendapatkan banyak kebaikan dan keberkahan. Umat yang ingin berpartisipasi pada doa altar Raja Naga, harus mendaftar terlebih dahulu.

Informasi dan prosedur pendaftaran serta daftar ulang dapat diunduh di situs internet. Manfaat dari berpartisipasi pada doa dalam altar Raja Naga, antara lain sebagai berikut.
1.    Sangat baik sebagai tempat untuk memanjatkan doa bagi siapa saja yang ingin memohon harta, misalnya membeli kendaraan, rumah, dan jenis-jenis harta lainnya.
2.    Sangat baik untuk memohon kesehatan.
3.    Sangat baik sebagai tempat memanjatkan untuk memanjatkan doa agar urusan bisnis atau usahanya diberikan kelancaran.

Naga adalah sosok yang hadir dalam banyak kepercayaan dari berbagai bangsa. Dewa Naga menurut agama Buddha merupakan salah satu sosok dewa yang menempati kedudukan istimewa di hadapan sang Buddha. Sebagai dewa, Dewa Naga adalah sosok yang sangat dihormati dan senantiasa diteladani. Seorang Mahaguru Buddha menyatakan bahwa nama Sansekerta dari Raja Naga adalah ‘Naga’.

Loading...
Selanjutnya : Resep Makanan untuk Balita yang Sulit Makan Sayur
Sebelumnya: Apa Masa Remaja itu?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar