Di Mana Daerah Penghasil Tempe?

Anda tahu tempe, kan? Makanan yang sering dipasangkan dengan tahu ini merupakan sebuah makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe ini termasuk makanan asli Indonesia.

Meskipun hampir di seluruh Indonesia terdapat tempe, namun hingga kini tidak ada yang tahu sebenarnya di mana daerah penghasil tempe ini. Juga tidak diketahui sejak kapan makanan tempe ini ada karena tempe sudah ada sejak berabad-abad yang silam terutaman di daerah Surakarta dan Yogyakarta.

Sejarah Tempe

Keberadaan tempe sejak zaman dahulu ini diketahui dari adanya kata “tempe” dalam manuskrip Serat Centhini. Dalam manuskrip dengan setting tempat di Jawa pada abad ke-16 ini, disebutkan sajian yang bernama kadhele tempe srundengan dan jae santen tempe, yaitu makanan yang terbuat dari tempe dan dimasak dengan santan. Manuskrip ini juga menunjukkan bahwa zaman dulu tempe dibuat dari kedelai hitam dan berasal dari masyarajat Jawa di pedesaan.
Dari manuskrip ini, diduga kata “tempe” sendiri diambil dari bahasa Jawa kuno.

Zaman dulu, ada makanan yang disebut tumpi. Makanan ini terbuat dari tepung sagu sehingga warnanya putih. Tempe yang juga berwarna putih karena dipenuhi jamur ini tampak mempunyai kesamaan dengan makanan tumpi. Dari sanalah diduga masyarakat mengambil nama untuk makanan yang berasal dari kacang kedelai ini.

Ada juga yang berpendapat bahwa tempe ini awalnya diperkenalkan oleh orang yang datang dari Tionghoa. Mereka memproduksi koji yaitu fermentasi kedelai dengan memakai kapang Aspergillus. Dari sanalah masyarajat jawa memiliki inspirasi untuk membuatnya dan kemudian dinamakan tempe karena tampilannya yang menyerupai tumpi.

Lama kelamaan, teknik dari pembuatan tempe ini tersebar ke seluruh daerah di Indonesia. Itulah sebabnya mengapa banyak daerah Indonesia yang menghasilkan tempe. Bahkan, Indonesia menjadi produsen terbesar di dunia.

Tempe sekarang tidak hanya dapat dinikmati oleh orang Indonesia saja tapi juga orang luar negeri. Banyak warga mancanegara yang suka dengan rasa tempe dan menjadikan makanan ini sebagai pilihan untuk menu makannya.

Sekarang Anda sudah tahu, kan di mana daerah penghasil tempe pertama kali?

Loading...
Selanjutnya : Beberapa Waktu Menunaikan Salat Hajat
Sebelumnya: Mengenal Macam-Macam Olah Raga Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar