Difinisi Berpikir Kritis Menurut Para Ahli


Difinisi berpikir kritis menurut para ahli telah dibahas diberbagai buku. Berpikir kritis merupakan salah satu hal yang seharusnya diajarkan kepada anak-anak ketika berada di bangku sekolahan. Dengan demikian, mereka akan berkembang menjadi siswa yang pandai dan cerdas.

Berpikir Kritis

Para ahli memberikan redaksi yang berbeda-beda dalam setiap pengertian berpikir kritis. Beberapa ahli tersebut diantaranya adalah Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si, Angello ,  Scriven, Gerhard,  Swartz dan Perkins.

Menurut Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si maka pengertian dari berpikir kritis adalah kegiatan berpikir dengan memiliki konsep matang dan memberikan pertanyaan pada segala sesuatu yang dianggap tidak tepat dengan suatu cara yang baik. Ini adalah definisi yang diberikannya.

Sedangkan definisi berpikir kritis dari Anggelo adalah sebagai berikut.

Difinisi Berpikir Kritis Menurut Para Ahli

Apapun definisi yang diberikan oleh para ahli terhadap berpikir kritis memiliki kesamaan yang sama yakni menggunakan pemikiran kita untuk menganalisa sebuah permasalah. Setiap permasalahan yang ada selalu dianalisa dengan baik dan kemudian dikelolah dengan cara pandang kita masing-masing.

Pentingnya Berpikir Kritis

Di zaman yang serba maju dalam kehidupan bermasyarakat yang kompleks saat ini maka berpikir kritis sangatlah wajib diperlukan. Hal ini dikarenakan tingkat kompleksitas yang ada di masyarakat sudah sangat tinggi sehingga diperlukan proses berpikir yang cukup tinggi pula.

Ada banyak berbagai informasi yang masuk dan bertebaran dimana-mana. Kita bisa melihat atau mendapatkan informasi tersebut dengan berbagai media yang ada baik melalui televisi maupun melalui internet.

Dengan menggunakan berpikir kritis maka setiap informasi yang ada tidak akan ditelah secara mentah-mentah. Maksudnya adalah menerima informasi tersebut tanpa melihat apakah informasi yang diberikan sudah benar atau belum.

Jika kita menelan informasi secara mentah-mentah tanpa melihat benar atau tidaknya, maka kita sendiri yang akan dirugikan. Dalam kondisi yang seperti ini maka berpikir kritis sungguh sangatlah diperlukan untuk mampu membedakan dan memecahkan persoalan tersebut.

Hal ini dilakukan agar kita tidak dirugikan oleh informasi yang salah dan tidak ikut terombang-ambing arus informasi yang masih diragukan.

Oleh karena itu berpikir kritis sangatlah perlu maka tidak heran jika difinisi berpikir kritis menurut para ahli adalah menggunakan pikiran kita dalam menghadapi setiap persoalan. Menggunakan akal pikiran kita agar kita tidak mudah untuk dibodohi oleh sesuatu hal yang mungkin di benak kita adalah hal yang baru dan asing. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Aplikasi Gelombang Bunyi
Sebelumnya: Tujuan Tujuan Prestasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar