Urutan dan Doa-doa Wudhu dalam Latin Lengkap dengan Niatnya

Bagaimana urutan dan doa-doa wudhu dalam latin dan niatnya? Memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk melakukan ritual penyucian diri sebelum melaksanakan kewajiban yang bernama Sholat. Sholat adalah ibadah penyembahan terhadap Allah SWT, atau biasa dibilang sebagai menghadap Tuhan. Sedangkan ritual penyucian diri itu disebut wudhu. Pada saat wudhu (saat membasuh muka), seorang muslim wajib mengucapkan niat wudhu itu sendiri. Sedangkan sebelum dan sesudah wudhu seorang muslim dianjurkan untuk mengucapkan doa agar wudhu yang dilakukan menjadi lebih afdhol. Disini akan diberikan doa wudhu dan niatnya dalam bahasa latin agar memudahkan seorang muslim dalam beribadah.

Niat Wudhu

Dalam melaksanakan wudhu, terdapat beberapa aturan wajib dan sunnah yang memang harus ditaati. Langkah pertama saat wudhu yaitu mengucapkan basmalah (Bismillahirrohmaanirrohim) dahulu. Setelah itu mulai membasuh kedua tangan dengan air yang suci, kemudian dilanjut dengan dengan berkumur dan membasuh lubang hidung (sunnah). Setelah itu mulai membasuh muka sembari mengucapkan niat yang wajib diucapkan. Niatnya dalam tulisan latin seperti ini, nawaitulwudhua lirof’ilhadatsil asghori fardhollillahita’ala.

Setelah membasuh muka sembari mengucapkan niat diatas, dilanjut dengan membersihkan kedua lengan dari siku sampai tangan. Setelah itu dilanjutkan dengan membasuh sebagian dari kepala yang bisa sekalian membersihkan telinga (sunnah). Langkah terakhir dari urutan dan doa-doa wudhu dalam latin ini adalah membasuh kedua kaki dari mata kaki sampai telapaknya. Sangat dianjurkan untuk melakukan setiap langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas sebanyak 3x. Nah, setelah wudhu akan disunnahkan untuk mengucapkan doa setelah wudhu.

Doa Setelah wudhu

Setelah melakukan semua langkah-langkah dan urutan wudhu diatas, langkah terakhir yang sangat dianjurkan adalah membaca doa setelah wudhu. Lafal Doa setelah wudhu dalam tulisan latin seperti ini, asyhaduallaailaaha illallaah wahdahuu laa syariikalah wa asyhaduaanna muhammadan ngabduhuu wa rosuuluh, Alloohummaj’alnii minattawwaabiina, waj’alnii minal mutatohhiriin, waj’alnii min ‘ibaadikas shoolihiin.

Arti dalam bahasa indonesianya kira-kira adalah seperti ini, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan tidak ada yang menyekutukan-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah,  jadikan aku orang yang termasuk dalam orang-orang bertaubat, dan jadikan aku termasuk dari orang-orang yang suci, dan jadikan aku sebagai hamba hamba-Mu yang sholeh. Demikianlah Urutan dan doa-doa wudhu dalam latin, semoga dapat menjadi manfaat yang baik di dunia maupun di akhirat.

Loading...
Selanjutnya : Beberapa Langkah Lebih Cepat Atasi Rambut Kering
Sebelumnya: Membuat Cerita Anak yang Berhubungan dengan Kehidupan Sehari-hari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar