Doa Kepergian Untuk Ibu dan Bapak

Ibu adalah orang yang mengandung dan melahirkan kita dengan penuh perjuangan. Oleh karenanya, Islam mengajarkan kepada anak untuk selalu berbakti kepada orangtua, karena salah satunya alasannya adalah karena seorang ibu telah mengandung anaknya selama sembilan bulan dengan susah payah. Berbakti kepada orangtua tidak terbatas kepada ruang waktu karena walaupun orangtua kita telah tiada, kita masih bisa berbakti kepada keduanya dengan amalan-amalan. Salah satu amalan tersebut adalah doa kepergian untuk ibu dan bapak atau untuk orangtua.

Berbuat Baik Terhadap Ibu dan Bapak

Allah dalam firman-Nya mewajibkan seorang anak untuk berbakti terhadap ibu dan bapak. Bahkan perintah untuk berbakti tersebut berbarengan dengan perintah untuk menyembah Allah.

Orangtua yang baik adalah mereka yang menyayangi anaknya dan mendidiknya dengan nilai-nilai keislaman. Selama orangtua kita menyuruh terhadap kebaikan di dunia dan akhirat, maka kita wajib untuk mematuhi ibu dan bapak, kecuali jika orangtua memerintahkan untuk menyekutukan Allah dan mengajak kepada kemungkaran, maka hal tersebut tidak boleh diindahkan.

Namun cara menolak pun harus dengan kesopanan. Jika bisa, kita harus membawa ibu dan bapak kita kembali pada jalan yang benar. Ketika ibu dan bapak telah berusia lanjut atau sakit, maka kita harus menjaga orangtua kita dan merawatnya dengan penuh kesabaran. Jangan lupa untuk mendoakan kedua orangtua kita karena doa merupakan amalan yang tak pernah terputus.

Doa Kepergian Untuk Ibu dan Bapak

Alam dunia ini adalah fana, kita bisa meninggalkan orang-orang yang kita cintai dan kita pun bisa ditinggalkan oleh orang yang kita cintai dan sayangi. Contohnya adalah ibu dan bapak kita, mereka bisa meninggalkan kita atau kita yang meninggalkan mereka.

Ketika ibu atau bapak kita lebih dahulu meninggalkan kita, maka sebagai anak kita harus tetap mendoakan mereka karena doa adalah amalan yang tidak akan terputus, bahkan dapat menolong orangtua kita di akhirat kelak jika kita berdoa untuk mereka.

Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda bahwa ketika seseorang meninggal maka terputuslah semua amalnya, kecuali amal jariyah dan doa dari anak yang saleh. Doakanlah ibu dan bapak agar semua amal ibadahnya diterima Allah dan dilapangkan kuburnya serta ditempatkan di sebaik-baiknya tempat bersama orang-orang saleh. Mohonkanlah ampunan atas kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja dari ibu dan bapak kita.

Itulah beberapa doa kepergian untuk ibu dan bapak semoga bisa kita amalkan.

Loading...
Selanjutnya : Alat-alat Pendeteksi Tsunami
Sebelumnya: Doa Di Hari Ulang Tahun Ibu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar