Meminta Doa Lain dari Solat Sunah Hajat

Sholat untuk memanjat rasa syukur kepada Allah tidak hanya dilakukan dengan sholat wajib. Sholat sunat pun adalah salah satu cara kita bersyukur kepada Allah. Salah satu sholat sunah yang bagus untuk kita lakukan adalah sholat sunah hajat. Jika  ingin meminta rezeki yang dilapangkan oleh Allah, kita dianjurkan untuk sholat sunah Dhuha. Tapi, untuk meminta doa lain dari solat sunah Hajat juga bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah atau sedang dalam kesulitan.

Semua sholat sunah akan mendapatkan pahala jika dikerjakan dan jika tidak dikerjakan juga tidak apa-apa. Tapi, mendapatkan pahala dari Allah akan lebih baik daripada tidak mendapatkan apa-apa. Sholat Hajat ini ditujukan untuk meminta pertolongan dari Allah Swt dari semua bentuk kesulitan yang kita hadapi. Dengan begitu, jika giat menunaikan sholat sunah Hajat, Inysa Allah kita akan terbebas dari kesulitan atas izin Allah. Sholat sunah Hajat juga bisa membuat kita lebih bersifat ikhlas kepada Allah Swt.

Panduan Sholat Hajat

Sama seperti sholat sunah pada umumnya, untuk melakukan sholat sunat Hajat, hal-hal yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut.

1. Membaca niat saat mau sholat. Niat sholat sunah Hajat adalah sebagai berikut.

hajat

 

 

Saya niat solat sunat hajat 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Membaca surat Al Kafirun atau Ayat Kursi sebanyak 1 kali atau 11 kali setelah surat Alfatihah pada rakaat pertama.

3.Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1 kali atau 11 kali pada rakaat kedua setelah surat Alfatihah.

4. Bersujud 1 kali setelah selesai sholat. Membaca tasbih sebanyak 41 kali. Bacaan tasbihnya adalah:

hajat 2

 

 

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah. Maha Suci Allah! Sesungguhnya kami ini dari golongan orang yang teraniaya.”

5. Wirid setelah tasbih. Wirid setelah tasbih dengan membaca istigfar sebanyak 100 kali. Bacaan istigfarnya sebagai berikut.

hajat 3

 

 

Arti: “Aku memohon ampun kepada Allah, Tuhanku.”

6. Membaca zikir.

7. Membaca salawat.

8. Membaca doa untuk hajat yang akan diwujudkan. Sebaiknya membaca doa ketika sujud.

Adanya doa lain dari solat sunah Hajat selain solat sunah lainnya bisa membuat kita lebih khusu dalam memanjatkan doa. Sholat sunah Hajat bisa dilakukan setiap saat kecuali pada waktu Ashar dan Subuh. Biasanya juga, sholat Hajat bisa dilakukan jika ingin melakukan perjalanan cukup jauh. Dengan sholat sunah Hajat, kita akan meminta pertolongan kepada Allah agar selama di perjalanan diberi keselamatan dan perlindungan oleh Allah. Maka dari itu, sholat sunah Hajat adalah salah satu wujud kita berkomunikasi dengan Allah.

Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Jangan Mencontoh Perilaku Anak Dugem Bandung Raya!
Sebelumnya: Cara Memperpanjang Daya Tahan Baterai Blackberry 8520
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...