Mempelajari Doa Qunut Indah, Qunut Nazilah

Qunut nazilah adalah salah satu contoh doa qunut indah yang diajarkan Rasulullah SAW. Jika ditelaah, keindahan jenis qunut ini terletak pada kandungan kata-katanya. Yakni berisikan doa kepada Allah agar kaum muslimin terhindar dari fitnah, musibah, dan kezaliman musuh-musuh Islam.

Qunut Nazilah

Sebagaimana doa qunut lainnya, qunut nazilah diucapkan saat melaksanakan salat fardhu (Shubuh, Dzuhur, aAshar, Maghrib, dan Isya) ketika i’tidal pada ruku’ rakaat terakhir. Jadi, pada saat masih berdiri (belum sujud) dan tangan ditengadahkan di depan dada seperti layaknya orang berdoa.

Qunut nazilah termasuk ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah. Banyak hadis yang memberitakan asal-asul munculnya doa qunut ini, termasuk anjuran dan keutamaan melaksanakannya. Jadi, qunut nazilah bukanlah sebentuk ibadah tanpa dasar (bid’ah) sehingga umat Islam tidak boleh berbeda pendapat akan keberadaan doa qunut ini.

Awal mula Rasulullah melakukan qunut nazilah adalah pada saat setelah peristiwa Ba’tsul Raji’ (10 sahabat) dan Bi’ru Ma’unah (70 sahabat). Yaitu pengkhianatan dan pembantaian 80 sahabat Rasulullah oleh musuh-musuh Islam. Padahal, 80 sahabat tersebut merupakan sahabat-sahabat pilihan dan diutus oleh Rasulullah untuk mengajarkan Islam.

Rasulullah amat sedih dan terpukul atas peristiwa ini. Oleh karenanya, Rasulullah selama satu bulan selalu melakukan qunut nazilah di setiap salat wajib. Amalan yang kemudian dianjurkan untuk dilakukan pada saat kaum muslimin terancam oleh musuh-musuh Islam. Dengan melakukan qunut nazilah, harapannya Allah akan memberikan pertolongan kepada kaum muslimin dan menghancurkan keberadaan musuh-musuh Islam itu.

Doa qunut nazilah biasanya dibaca pada saat salat berjamaah, yang mana bagi imam salat diperbolehkan membaca doa qunut ini dengan menggunakan teks. Ketika membaca doa qunut nazilah, disuarakan dengan jahar (keras), baik itu pada salat jahriyah (salat yang pembacaannya dikeraskan, yaitu salat Shubuh, Maghrib, dan Isya) maupun salat sirriyah (salat yang pembacaannya tidak dikeraskan, yaitu salat Dzuhur dan Ashar).

Keindahan Kandungan Maknanya

Sebagaimana telah disebutkan pada awal tulisan, bahwa doa qunut nazilah memiliki keindahan dalam kandungan maknanya. Berisikan kepasrahan total kepada Allah atas semua yang terjadi pada umat Islam. Namun dibalik kepasrahan total ini, termuat upaya hanya mengharapkan pertolongan dari Allah dan menafikan pertolongan-pertolongan selain Allah.

Jadi, sebagai salah satu contoh dari doa qunut indah, qunut nazilah merupakan wujud nyata nilai ketauhidan seorang muslim. Inilah keindahan sejati dari doa qunut yang langsung dicontohkan oleh Rasulullah tersebut.

Selanjutnya : Penanganan Tepat Limbah Rumah Tangga Adalah dengan 3R
Sebelumnya: Berbagai Pengertian Industri Menurut Para Ahli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...