Bacaan Doa Untuk Memancing Ikan Mas


Sebelum memulai aktivitas memancing, biasanya ada doa untuk memancing ikan mas. Doa adalah sebuah ucapan permohonan yang dipanjatkan kepada sang Maha Pencipta agar semua kegiatan dan usaha yang dilakukan dapat dimudahkan dan dikabulkan sesuai dengan harapan.

Aktivitas memancing dapat dilakukan di mana saja misalnya di danau, di sungai dan di laut. Bahasan kali ini mengenai pemancingan ikan mas dan doa yang dipanjatkan agar memudahkan mendapat tangkapan yang banyak.

Langkah- Langkah Memancing

Setiap aktivitas yang dilakukan sebaiknya memang diawali dengan doa agar dalam pelaksanaanya kelak dapat lebih dimudahkan oleh-Nya. Beberapa orang mempercayai cara- cara mistis agar mendapat tangkapan yang banyak. Sebelum melakukan pemancingan, pemancing harus menyiapkan beberapa alat dan bahan. Alat dan bahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mata kail pancing
2. Joran
3. Tali pancing
4. Penggulung senar pancing
5. Umpan ikan mas, umpan yang digunakan dapat berupa cacing, anak katak maupun umpan buatan.
6. Jaring untuk menyimpan hasil tangkapan ikan

Apabila semua persiapan pancingan telah selesai, perlu membaca doa sebelum berangkat keĀ  tempat pemancingan. Inilah doa untuk memancing ikan mas:

1. Membaca Basmalah
2. Membaca Al Fatihah
3. Membaca doa yang terdapat di dalam hadist riwayat Ibnu Hibban sebagai berikut
.
Setelah semua persiapan yang dilakukan, pemancing boleh segera menuju ke tempat pemancingan yang dituju dan tetap berikhtiar agar mendapat tangkapan yang banyak.

Sistematika Ikan Mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) termasuk ikan air tawar yang tersebar baik di Asia dan Eropa. Indonesia adalah salah satu wilayah yang banyak terdapat ikan mas. Ikan mas yang ada terdiri dari dua jenis yakni ikan mas dengan sisik normal dan ikan mas yang mempunyai sirip dengan bentuk memanjang.

Ikan mas dengan sisik yang normal adalah ikan mas yang dapat dikonsumsi, sedangkan ikan mas dengan sirip memanjang adalah ikan mas yang difungsikan sebagai ikan hias. Jika dilihat dari segi morfologi, ikan mas memiliki tubuh pipih dan cukup memanjang kemudian bentuk mulut tidak panjang (pendek).

Hampir semua bagian tubuh ikan mas ini ditutupi oleh sisik. Ikan mas tergolong ke dalam hewan omnivora yakni hewan yang memakan tumbuhan atau jasad renik. Karena hewan ini termasuk ke dalam golongan omnivora maka ikan ini dapat dibudidayakan di kolam ikan.

Semoga dengan adanya doa memancing ikan mas ini dapat menambah wawasan pembaca.

Selanjutnya : Fungsi Tanah Bagi Tumbuhan dan Makhluk Lainnya
Sebelumnya: Syarat Komputer Programing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar