Dongeng Nabi Muhammad Untuk Anak-anak


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendidik anak agar punya akhlak yang mulia dan peduli pada sesama. Salah satunya adalah memberi cerita atau dongeng Nabi Muhammad pada mereka. Sepanjang hidupnya Rasulullah terus memberikan teladan yang sangat baik bagi pengikutnya dan orang lain melalui tingkah laku dan tindakan secara langsung.

Nabi dan Uangnya

Salah satu dongeng yang sangat menarik tentang Nabi Muhammad adalah berhubungan dengan sifatnya yang mau berkorban untuk menolong orang lain. Pada suatu saat beliau ingin membeli baju ke pasar dan membawa uang yang nilainya hanya delapan dirham saja.

Tapi sebelum sampai di pasar, Rasulullah bertemu dengan seorang perempuan sedang menangis.  Wanita tersebut mengaku baru saja kehilangan uangnya. Oleh Nabi Muhammad dia diberi uang sebanyak dua dirham, sehingga uang Nabi tinggal enam dirham saja.

Setelah itu Nabi kembali melanjutkan perjalanannya ke pasar. Di sana kemudian beliau membeli baju yang harganya empat dirham dan langsung pulang menuju rumahnya. Tapi di tengah jalan Rasulullah bertemu lagi dengan orang yang sudah lanjut usia dalam keadaan telanjang.

Karena merasa kasihan, lalu Nabi memberikan baju yang baru saja dibelinya pada orangtua itu. Berikutnya Rasul balik lagi ke pasar untuk membeli baju yang kualitasnya tidak baik sebab uang yang tersisa hanya tinggal dua dirham saja.

Baru beberapa langkah keluar dari pasar, Nabi bertemu lagi dengan wanita lain yang juga sedang menangis. Wanita tersebut tidak berani pulang karena takut kena marah majikannya. Dia adalah seorang budak.

Kemudian Nabi mengantarkannya pulang dan bertemu dengan majikannya dan menyatakan jika majikan itu ingin memberi hukuman, maka Rasul mau jadi penggantinya. Mendengar perkataan sang Nabi, majikan tersebut justru membebaskan budaknya.

Nabi dan Seorang Nenek

Kisah atau dongeng Nabi Muhammad lain yang juga menarik adalah saat beliau bertemu dengan seorang nenek yang sedang berjalan di padang pasir. Nenek tersebut sebelumnya tidak pernah bertemu dengan Rasul hingga dia tidak mengenalnya. Padahal orangtua itu sangat benci dengan Rasul.

Karena terlihat lelah dan tidak kuat berjalan, Nabi menolong nenek itu dan menggendongnya. Di sepanjang perjalanan nenek tersebut selalu memberi nasihat pada orang yang menggendongnya agar tidak mengikuti ajaran yang disebarkan oleh seseorang bernama Muhammad.

Setelah sampai di tempat tujuan, si nenek menanyakan nama kepada orang yang menolongnya. Ketika itulah Nabi mengaku jika dirinya bernama Muhammad. Mendengar jawaban itu akhirnya sang nenek menyadari kesalahannya kemudian memutuskan memeluk agama Islam.

Inilah dua contoh dongeng Nabi Muhammad yang punya nilai pendidikan dan ajaran moral yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sisi Positif dan Sisi Negatif Dunia Gemerlap Malam
Sebelumnya: Jenis Diskon Harga dan Trik Untuk Mendapatkannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar