Dongeng Nyi Roro Kidul Versi Sunda


Dongeng Nyi Roro Kidul memiliki berbagai versi dan seluruh tanah Jawa memiliki versinya masing-masing. Walaupun dongeng ini mempunyai banyak versi, dongeng memiliki benang merah, yaitu tentang seorang ratu cantik yang mempunyai ilmu sakti dan memerintah di sebuah kerajaan jin, lelembut, di bawah laut selatan.

Dongeng Roro Kidul versi Sunda adalah versi yang paling populer dalam ranah dongeng cerita rakyat. Walaupun menurut versi jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, Nyi Roro Kidul memiliki bagian yang penting dalam sejarah Kerajaan Majapahit dan Mataram.

Dongeng Nyi Roro Kidul Versi Sunda

Dalam versi Sunda, konon Nyi Roro Kidul disebut juga dengan Dewi Srengenge atau Lara Kadita yang merupakan anak dari Raja Munding Wangi. Dia memiliki kecantikan luar biasa yang membuat iri ibu tirinya Dewi Mutiara.

Berbagai cara ditempuh oleh Dewi Mutiara agar Lara Kadita keluar dari istana. Namun Raja Munding Wangi sangat sayang kepadanya sehingga bujukan Dewi Mutiara tidak berpengaruh. Akhirnya, Dewi Mutiara mengeluarkan jurus terakhirnya yaitu mengguna-gunai Lara Kadita dengan bantuan tukang tenung bernama si Jahil.

Singkat cerita, Lara Kadita terkena penyakit kulit yang sangat parah. Seluruh tubuhnya ditumbuhi bisul yang mengeluarkan bau tak sedap. Wajah cantiknya lenyap seketika.

Dewi Mutiara menuntut kepada sang raja agar Lara Kadita diusir sebab dipandang sebagai aib kerajaan. Sang Raja Munding Wangi merasa kalut.

Di sisi lain, dia sangat mencintai putrinya tetapi di sisi lain, tuntutan selirnya disetujui oleh patih dan pihak istana. Raja Munding Wangi tak punya pilihan lain, selain mengusir putri kesayangannya.

Lara Kadita berjalan terus ke selatan karena tak tahu ke mana akan pergi. Perjalanannya terhenti saat dia sudah mencapai pesisir laut selatan. Dia tidak tahu harus berjalan ke mana lagi. A

khirnya, ada sebuah bisikan agar dia menceburkan diri ke laut. Lara kadita tak berpikir panjang. Dia pun menceburkan diri ke laut. Anehnya, penyakitnya sembuh dan dia menjadi cantik kembali.

Sejak saat itu, Lara Kadita disebut dengan Nyi Roro Kidul. Tak hanya itu Nyi Roro Kidul juga memiliki kemampuan supranatural sehingga mampu membangun kerajaan siluman di dasar laut. Dongeng Nyi Roro Kidul memang lekat dengan mitos dan mistis sehingga banyak orang percaya bahwa keberadaannya memang nyata.

Selanjutnya : Dongeng Singkat Putri Aurora dalam Bahasa Inggris
Sebelumnya: Contoh Puisi Perjuangan Seorang Ibu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar