Dongeng Pendek Kura-kura dan Monyet dalam Bahasa Inggris dari Berbagai Versi


Kura-kura dan monyet adalah dua tokoh fabel yang seringkali mengisi berbagai dongeng fabel di dunia. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas hingga menjadi dua tokoh yang selalu berlawanan. Monyet yang selalu menjadi tokoh antagonis dan kura-kura yang menjadi tokoh protagonis. Begitupun dalam dongeng pendek kura-kura dan monyet dalam bahasa Inggris dari berbagai versi.

Kura-kura dan Monyet

Dalam dongeng-dongeng tersebut selalu dikisahkan tentang kepandaian kura-kura yang pada akhirnya selalu menang melawan monyet. Pada awal cerita selalu berkisah akan kelambannya kura-kura dalam kisah tersebut. Pembandingnya tentu Si Monyet yang gesit dan licik. Mendekati akhir cerita kura-kura menunjukan kepandaiannya dalam menghadapi kelicikan monyet.

Kebodohan monyet biasanya diakibatkan karena kebiasaannya yang lalai dan terburu-buru. Kebiasaan-kebiasaan buruk monyet ini seringkali membuatnya berada di posisi si bodoh. Membuat monyet menjadi pihak yang akhirnya dirugikan karena tingkah polah dan kelicikannya sendiri. Kesombongan yang ia lakukan pada akhirnya membuatnya tampak bodoh.

Dari beberapa versi dongeng tentang kura-kura dan monyet berbahasa inggris ini terdapat benang merah yang sama. Mengisahkan tentang moyet yang sombong yang menantang kura-kura yang lamban. Selain itu dalam dongeng-dongeng tersebut juga menonjolkan watak monyet yang mementingkan dirinya sendiri. Itulah sebabnya ia selalu bersikap curang pada kura-kura.

Nilai moral dalam dongeng kura-kura dan monyet ini mengajarkan tentang betapa kesombongan itu hanya membawa petaka. Selain itu akal yang pintar selalu menang untuk melawan kekuatan fisik. Sehingga orang pintar selalu lebih berharga dibandingkan dengan orang yang kuat walau keduanya memiliki porsinya masing-masing. Yang terbaik tentu perpaduan keduanya, kekuatan dan kepintaran.

Uniknya cerita pendek kura-kura dan monyet ini adalah fenomena Fabel yang menjadi legenda. Kisah ini termasuk salah satu legenda asal mula monyet tidak suka makan daging hingga saat ini. Alasannya karena mereka selalu teringat dengan kisah kura-kura yang memotong-motong tubuh monyet sampai habis dan menjualnya kepada monyet lain untuk dimakan dengan imbalan labu.

Kanibalisme dalam dongeng pendek kura-kura dan monyet dalam bahasa Inggris ini sah-sah saja. Hal itu adalah salah satu kebebasan dalam dongeng. Setiap orang boleh membuat versinya masing-masing sesuai dengan kepentingannya. Dalam hal ini pencerita memberikan sebuah pengetahuan bahwa monyet termasuk hewan pemakan tumbuhan bukan hewan.

Selanjutnya : Model Baju Batik Wanita untuk Kerja
Sebelumnya: Silsilah Raja-raja di Kerajaan Samudera Pasai
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar