Dongeng tentang Pendidikan Karakter

Dongeng tentang pendidikan karakter bisa dijadikan sebagai salah satu cara oleh orang tua untuk mengajarkan karakter kepada anak-anak. Karena, terkadang orang tua kesulitan dalam menjelaskan sesuatu.

Dengan adanya dongeng ini maka cukuplah terbantu peran orang tua dalam memberikan sebuah gambaran yang tepat mengenai sebuah perilaku yang baik dan buruk. Banyak sekali dongeng yang bisa menjadi bahan bacaan untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak.

Loading...

Dongeng tentang Pendidikan

Ada dongeng lomba lari antara kura-kura dengan kelinci ataupun kancil dengan siput. Kedua jenis dongeng ini memiliki cerita yang tidak jauh berbeda dan memiliki banyak sekali hikmah yang bisa diambil oleh orang tua dan anak yang membacanya.

Dalam cerita tersebut digambarkan bagaimana perilaku kelinci atau pun kancil yang memiliki kelebihan. Kelebihan yang dimiliki oleh kancil dan kelinci adalah bisa berlari sangat cepat sehingga tidak ada yang mampu menandinginya.

Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut ia menjadi begitu sombong dan memandang rendah orang lain. Siapa pun hewan yang ada tidaklah dipandang sedikit pun. Semuanya dianggap rendah dan tidak lebih hebat dari dirinya.

Hal ini juga berlaku terhadap kura-kura dan siput yang termasuk hewan dengan jalan yang paling lambat. Kedua hewan ini sadar bahwa kelinci dan kancil memiliki sifat yang sombong sehingga terlena dengan kesombongannya.

Dengan kesombongan yang dimilikinya tersebutlah yang menjadikan kancil dan kelinci lengah. Merasa di atas angin sehingga tidak memikirkan rintangan dan hambatan yang akan terjadi di depan mereka.

Akal yang dimiliki oleh siput mampu memperdaya kancil sehingga siput pun akhirnya menang melawan kancil. Begitu juga dengan kura-kura yang dengan kegigihannya berhasil mengalahkan kelinci yang terlalu sombong.

Kelinci terlalu sombong sehingga memperlambat laju larinya dan bahkan istirahat sejenak karena merasa tidak mungkin untuk disusul oleh kura-kura. Padahal apa saja bisa terjadi di depan tanpa kita duga akhirnya.

Pada akhirnya kedua hewan tersebut yakni kelinci dan kancil kalah oleh binatang yang lambat tapi tidak sombong. Di sini kita bisa memberikan pengertian karakter kepada anak mengenai sikap sombong dan rendah hati.

Dongeng tentang pendidikan karakter sangatlah membantu orang tua dalam mendidik anak. Seperti pada cerita kelinci dan kura-kura. Dan, masih banyak dongeng lainnya yang bisa dijadikan sebagai contoh. Selamat mendongeng kepada anak tercinta.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Proposal Perusahaan Jasa Usaha Kue Lapis
Sebelumnya: Apakah Kangkung Pemicu Kolesterol?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar