Dongeng Tokoh Wayang Basa Sunda


Dalam kebudayaan Sunda, pewayangan atau wayang lebih dikenal dengan istilah wayang golek. Dan, inilah yang menjadi dongeng tokoh wayang basa Sunda. Kebanyakan cerita yang ada di wayang golek ini adalah cerita yang merunut kepada kisah yang ada mengenai Ramayana dan Mahabarata.

Cerita Ramayana menceritakan kisah hidup dari Rama dan Sinta sedangkan Mahabarata adalah cerita tentang perselisihan antara dua saudara. Yakni Pandawa dengan Kurawa di mana puncak perseteruan ini adalah terjadinya Perang Baratayudha.

Di dalam pewayangan golek Sunda ini, ada beberapa tokoh di dalamnya, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Semar Badranaya

Tokoh ini adalah seorang Dewa atau Batara yang diturunkan ke bumi dan menyamar sebagai manusia biasa. Ia adalah dewa dengan nama sebenarnya adalah Sanghyang Ismaya. Di dalam kisah ini, Semar menikah dengan seorang putri dari Kerajaan Sekarnumne bernama Dewi Sutiragen.

Dalam pernikahan ini, Semar dikaruniai tiga anak laki-laki yaitu Cepot, Dawala, dan yang terakhir adalah Gareng. Di dalam kisah pewayangan ini, Semar adalah tokoh yang digambarkan sebagai tokoh yang menjadi suri tauladan. Hal ini karena sifat yang dimilikinya sederhana, bijaksana, dan sebagai tokoh yang dapat mencairkan suasana yang tegang.

2. Pandawa

Pandawa adalah lima bersaudara laki-laki yang merupakan putra dari Pandu Dewanata, tokoh Pandawa ini yaitu lima bersaudara. Yang pertama adalah Yudistira yang merupakan putra sulung di dalam Pandawa.

Ia merupakan Raja Amarta yang memiliki sikap yang bijaksana, pemurah, dan juga memiliki hati yang bersih. Ke dua adalah Bima. Nama lainnya adalah Bratasena yang merupakan putra ke dua Pandu Dewanata dengan istri Dewi Kunti Nalibrata.

Sosok Bima digambarkan sebagai seseorang berbadan besar dan memiliki kegagahan serta sikap yang tegas. Ke tiga adalah Arjuna. Nama lain dari Arjuna adalah Janaka karena ia memiliki wajah yang tampan serta istri yang banyak. Ia termasuk pria yang cerdas dan baik hati. Kemudian, Nakula dan Sadewa adalah anak kembar terakhir dari Pandawa.

Inilah beberapa dongeng tokoh wayang basa Sunda. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Resep Makanan Baby 1 Tahun
Sebelumnya: Daerah Penghasil Ketela Pohon di Semarang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar