Dzikir Singkat Penyejuk Hati


Makna dari aktivitas dzikir sebenarnya adalah mengingat, yaitu mengingat Allah SWT dengan segala kebesaran dan keagungan yang dimiliki olehNya. Hanya saja, banyak yang memberikan makna yang lebih sempit, yaitu mengucapkan kalimat tertentu dengan tujuan untuk mengingat Allah. Inilah yang menjadikan membaca kalimat dzikir singkat sebagai penyejuk hati seorang manusia.

Kalimat Dzikir

Ada beragam kalimat yang dimasukan ke dalam kategori kalimat dzikir, yaitu kalimat untuk dijadikan sarana guna mengingat Allah swt. Misalnya adalah kalimat takbir dengan lafal la illah haillahu yang artinya Allah Maha Besar.

Makna yang dapat diambil dari hal ini bahwa Allah swt adalah sosok yang besar dan agung serta memiliki begitu banyak kehebatan yang tak dimiliki oleh satu makhluk manapun. Dengan kebesaran dan kehebatan ini lah, Allahswt akan menjadi sebuah hal yang membuat kita menyandarakan hidup kepadaNya yang Maha Hebat dan Agung tersebut.

Di dalam kehidupan manusia, akan terdapat banyak ujian dan cobaan karena memang untuk inilah manusia diciptakan oleh Allah. Di dalam menghadapi ujian dan cobaan, manusia akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu bersikap sabar dan menerima dengan ikhlas segala ujian dan cobaan tersebut, atau jalan yang kedua adalah meratapi ujian yang datang.

Ketika hati seseorang menyadari akan kebesaran dan keagungan Allah serta selalu mengucapkan kalimat Dzikir untuk mengingat Allah, maka ia akan menjadi sosok yang begitu sabar menghadapi ujian dan cobaan tersebut. Karena ia yakin bahwa di balik semua hal itu ada Allah swt yang sedang melihat dan tentunya Allah akan memberikan pertolongan jika kita yakin bahwa pertolongan itu akan benar-benar datang.

Inilah yang ada di dalam sebuah kalimat dzikir yang dilakukan dengan hati yang bersungguh-sungguh dan tak hanya diucapkan lewat lisan saja. Karena ada beberapa manusia yang hanya mengucapkan kalimat dzikir di mulut saja tanpa meresapi makna terdalam dari kalimat dzikir itu sendiri.

Hal inilah yang lebih peting untuk dilakukan. Mengetahui makna, arti, serta apa yang dapat kita ambil dari kalimat dzikir singkat yang kita baca untuk mengingat Allah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Handphone Nexian Murah yang Perlu Diburu
Sebelumnya: Efek Warna dalam Photoshop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar