Efek Nanas Muda untuk Ibu Hamil


Ada sebuah mitos yang berkembang di Indonesia bahkan mungkin dunia mengenai efek nanas muda untuk ibu hamil. Ya, mitos ini sudah berkembang sangat lama di masyarakat. Benarkah nanas muda bisa memberi efek yang tidak baik pada ibu yang sedang hamil? Ataukah itu hanya mitos belaka?

Nanas Muda

Akibat mitos yang sudah lama itu, nanas muda sangat ditakuti oleh para ibu yang sedang hamil, apalagi hamil muda. Katanya efek memakan nanas muda bagi ibu hamil akan menyebabkan keguguran. Benarkah?

Buah nanas memang asam tapi enak. Sayangnya, karena tingkat keasaman yang tinggi mempengaruhi kinerja lambung. Penyebab pasti mengapa nanas ini dikatakan dapat berakibat buruk bagi kandungan adalah adanya kandungan enzim bromelain yang ada pada nanas. Padahal sebenarnya enzim ini sifatnya baik.

Beberapa fungsi enzim pada nanas ini adalah untuk antiradang, membantu pencernaan makanan di lambung, mencegah adanya penggumpalan darah, menghambat tumbuhnya sel kanker, anti inflamasi, melonggarkan lendir sehingga dapat menekan batuk, serta memiliki manfaat bagi infeksi saluran pernapasan yang ada pada bagian atas misalnya bronkitis.

Enzim ini juga bisa menjadi pereda nyeri saat perempuan ada dalam masa haid. Bagi wanita yang sedang haid, buah nanas sangat bagus untuk menghilangkan kram menstruasi.

Kram tersebut terjadi karena adanya kontraksi rahim yang sedang membantu dinding rahim untuk melepaskan lapisannya dari tubuh. Kandungan enzimnya bisa melemaskan otot sehingga dapat meredam nyeri pada perut. Dengan kata lain enzim ini bisa meluruhkan haid sehingga benar bisa membuat kandungan keguguran. Selain enzim bromelain, kandungan dalam nanas lainnya adalah beta karoten, serat alami, aspartic acid, vitamin, asam chlorogen, valine, cystine, asam amino, dan lain sebagainya.

Jika dikonsumsi dalam kadar yang tinggi, enzim bromelain bisa membuat janin mengalami bahaya. Janin yang dimaksud adalah janin yang masih muda atau pada  trimester pertama. Apabila nanas dikonsumsi hanya sedikit dan saat usia kehamilan di atas 4 bulan itu tidak akan menganggu kehamilan Anda.

Jadi efek nanas muda untuk ibu hamil itu bisa berbahaya, bisa juga tidak. Jika janin masih muda dan makan nanasnya banyak maka janin bisa keguguran. Namun jika dikonsumsinya sedikit dan usia kandungan sudah aman atau di atas empat bulan maka tidak berpengaruh.

Selanjutnya : Efek yang Disebabkan Rokok pada Ibu Hamil
Sebelumnya: Menjadi Pria Sejati Dalam Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar