Efek Samping Minum Susu Kedelai


Dalam mengonsumsi susu kedelai, ternyata tidak hanya efek baik saja yang dapat diambil darinya, ada pula efek samping minum susu kedelai yang dianggap kurang baik. Susu kedelai dianggap sebagai susu dengan asupan protein yang tinggi serta kandungan lemak yang lebih sedikit. Oleh sebab itu, maka banyak orang yang menyarankan beberapa kalangan tertentu untuk mengonsumsi susu kedelai ini.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah bagaimana proses pembuatan dari susu kedelai tersebut. Di pasar, pembuatan susu kedelai banyak dicampur dengan bahan pewarna dan juga pemanis buatan.

Kedua bahan ini tentulah adalah bahan yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan manusia. Sehingga, di dalam mengonsumsi susu kedelai ini, haruslah diperhatikan mengenai bahan campuran yang ada di dalamnya.

Jika mengandung bahan kimia berbahaya maka tak ada lagi manfaat yang dapat diambil dari susu kedelai tersebut. Justru yang ada malah akan memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan.

Susu Kedelai

Selain dari fakta di atas, menurut penelitian, satu zat yang terkandung di dalam susu kedelai adalah fitoesterogen isoflavon. Zat ini adalah zat yang memiliki kemiripan dengan esterogen. Keberadaan dari zat ini dapat memberikan pengaruh pada keseimbangan hormon seks pada pria ataupun wanita. Dan di sisi lain, pada pria, zat ini dapat mengurangi kesuburan.

Makanan dengan jenis yang mengandung asupan kedelai dengan kadar yang tinggi dapat mengurangi konsentrasi sperma. Selain itu, kandungan lain yang ada di dalam susu kedelai adalah genistein dan daidzein. Di mana, kedua zat ini juga berfungsi seperti halnya esterogen yang dikenal dengan sebutan fitoesterogen, yaitu esterogen yang diproduksi oleh tumbuhan.

Kandungan yang berlebih akan hormon esterogen ini dapat membuat gangguan ereksi. Dan, untuk pria secara penampilan juga akan mengganggu karena pria akan mengalami ginekomastia, yaitu payudara pria yang akan menjadi lebih besar, pertumbuhan rambut jenggot akan menjadi lebih lambat, serta akan menghilangkan rambut yang tumbuh di kaki dan juga tangan.

Inilah beberapa efek samping minum susu kedelai yang tak banyak dipahami atau pun diketahui oleh kita, terutama dari kalangan pria. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Belajar Membuat Gambar Animasi 2D dengan Macromedia Flash 5
Sebelumnya: Agnes Monica Lancar Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar